Waktu yang digunakan dalam permainan softball disebutWaktu yang digunakan dalam permainan softball disebut

Waktu yang digunakan dalam permainan softball disebut

Waktu yang digunakan dalam permainan softball disebut

A. inning

B. quarter

C. babak

D. bagian

E. ronde

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Waktu yang digunakan dalam permainan softball disebut Inning (Jawaban A)

 

Pembahasan

Pengertian Inning

Mengutip dari buku Softball dan Baseball (Teori dan Praktik) 2019, karya Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd, istilah inning adalah babak permainan dalam pertandingan olahraga softball.

Baca Juga:  Mengapa sosiologi dapat digolongkan sebagai ilmu pengetahuan

 

Selain itu, lama permainan dalam softball ditentukan oleh inning. Jumlah inning dalam pertandingan adalah tujuh. Dalam tujuh inning tersebut masing-masing tim bergantian memukul dan bertahan sebanyak tujuh kali saat bertanding.

 

Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan sofbol durasi permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang.

Baca Juga:  Gaya ortodok dalam tolak peluru disebut juga dengan gaya

 

Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Ketika tim yang menyerang mendapat giliran memukul, seorang pelempar bola tim bertahan melemparkan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya agar bola tidak dapat dipukul.

 

Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.

Baca Juga:  Volum tabung 154 dm3, sedangkan diameter alasnya 7 dm. tinggi tabung adalah ... dm