Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca

Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca

Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

Jawaban

Atmosfer bumi berfungsi untuk menahan udara agar tak keluar dari bumi dan juga menahan sinar ultra violet yang sangat berbahaya, sedangkan rumah kaca adalah kejadian dimana panas matahari yang akan dipantulkan ke luar bumi dipantulkan kembali kebumi yang menyebabkan suhu bumi semakin panas, rumah kaca terjadi karena gas gas polusi yang terperangkap dibawah atmosfir.

 

Pembahasan

Pengertian Atmosfer, Manfaat, dan Fungsinya

Pengertian Atmosfer

Atmosfer itu berasal dari bahasa Yunani yakni “Atmos“ yang berarti “uap air atau gas” serta “Sphaira“ yang berartikan “selimut”. Jadi Atmosfer tersebut dapat diartikan ialah sebagi lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk juga bumi, dari permukaan planet itu sampai jauh di luar angkasa dengan ketebalan ialah kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi serta juga bermassa 59 x 1014 ton. Di Bumi, atmosfer tersebut terdapat dari ketinggian 0 km dari permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan pada bumi.

Trending:  Budi meminjam uang dikoperasi sebesar rp. 1.000.000,00 setelah satu bulan budi harus mengembalikan modal sebesar 1.030.000,00. tentukan presentase bunganya

 

Apakah atmosfer hanya ada di Bumi? Tentu saja tidak. Beberapa planet lainnya juga dilapisi oleh atmosfer, tetapi kandungannya berbeda-beda.

 

Fungsi Atmosfer

Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34% panas matahari kembali di pantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. Kemudian sekitar 19% diserap oleh atmosfer dan awan, selanjutnya sekitar 47% sisanya mencapai permukaan bumi.

Trending:  Langkah pertama dalam melakukan tolakan pada lompat kangkang adalah

 

Beberapa fungsi atmosfer antara lain:

  • Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.
  • Penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.
  • Mengurangi rasa panas yang diberikan langsung oleh cahaya matahari.
  • Melindungi bumi dari serangan meteor-meteor atau benda-benda luar angkasa.
  • Menjaga agar grafitasi bumi tetap stabil.

 

Manfaat Atmosfer

  • Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
  • Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.
  • Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.
  • Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernafas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida.
Trending:  Sikap tegak dengan bertumpu pada kedua tangan dengan siku-siku lurus, kedua kaki rapat dan lurus ke atas gerakan senam ini disebut

 

Pengertian Rumah Kaca

Rumah kaca adalah bangunan yang dinding dan atapnya terbuat dari kaca dengan tujuan agar panas dari sinar matahari yang ditangkap pada siang hari, terperangkap di dalam bangunan sehingga pada malam hari suhu di dalam bangunan tetap hangat. Hal ini biasa dilakukan oleh petani di negara empat musim agar kegiatan bercocok tanam dapat tetap berjalan walapun suhu pada malam hari menjadi dingin.

Trending:  Massa inti atom 20Ca40 adalah 40,078 sma. Jika massa proton = 1,0078 sma dan neutron = 1,0087 sma, defek massa pembentukan 20Ca40 adalah

 

Pada prinsipnya, efek rumah kaca sama dengan kondisi yang terjadi pada rumah kaca, dimana panas matahari terjebak di atmosfer bumi dan menyebabkan suhu bumi menjadi hangat. Gas-gas di atmosfer yang dapat menangkap panas matahari disebut gas rumah kaca. Yang termasuk gas rumah kaca yang ada di atmosfer antara lain adalah karbon dioksida (CO2), nitrogen dioksida (N2O), metana (CH4), dan freon (SF6, HFC dan PFC).

 

Efek rumah kaca sejatinya dibutuhkan untuk menjaga suhu bumi, supaya perbedaan suhu antara siang dan malam tidak terlalu besar. Namun efek rumah kaca yang berlebihan akan menyebabkan pemanasan global dimana suhu di bumi akan naik secara signifikan yang ditandai dengan hal-hal antara lain mencairnya es di kutub, rusaknya ekosistem, naiknya ketinggian permukaan air laut dan perubahan iklim yang ekstrim.

Trending:  Masa perkembangan manusia ketika fungsi organ tubuh mulai menurun disebut

 

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi efek rumah kaca antara lain :

  • Efisiensi penggunaan energi listrik, dengan mematikan lampu yang tidak digunakan serta mencabut alat elektronik dari sumber listrik
  • Mengendalikan jejak karbon dengan mengurangi frekuensi menggunaan kendaraan bermotor pribadi
  • Mengurangi penggunaan air minum dalam botol kemasan dan sedotan plastik. Gunakan tempat minum dan sedotan yang dapat dipakai ulang.
  • Mengelola sampah yang dihasilkan dengan mengolah sampah menjadi kompos dan memisahkan sampah organik dan nonorganik
  • Kurangi penggunaan kertas dengan cara mencetak bolak balik atau menggunakan kertas bekas