Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat

Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat

Artikel ini akan memberikan jawaban soal Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat beserta pembahasan lengkapny.

 

Pertanyaan Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat merupakan bagian dari soal post test Merdeka Belajar Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.

 

Pembahasan ini disajikan untuk membantu bapak dan ibu guru untuk menjawab soal Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.

 

Soal

Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat …

A. Mengevaluasi dan merefleksikan proses dan capaian belajar.

B. Melihat ke segala arah.

C. Menjadi pusat perhatian.

D. Memperoleh instruksi langsung dari banyak mata pelajaran.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Jawaban dari soal Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat Mengevaluasi dan merefleksikan proses dan capaian belajar (Jawaban A)

 

Pembahasan

Dalam pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, siswa dapat menjadi objek dan subjek dalam pembelajaran. Keduanya penting agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.

Baca Juga:  Jenis Landasan Pembelajaran Terpadu

 

Objek pembelajaran berarti siswa adalah mereka yang mendapatkan pembelajaran, sedangkan sebagai subjek pembelajaran, artinya mereka melakukan kegiatan pembelajaran.

 

Dalam soal ini, siswa atau murid adalah subjek belajar. Dengan begitu, apa yang dia dapatkan selama proses belajar, itulah pelajaran yang didapatnya.

 

Setelah mendapatkan pelajaran, siswa dengan bantuan guru dapat mengevaluasi, mencapai, dan merefleksi proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Baca Juga:  Proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan hasil asesmen formatif dan sumatif

 

Dengan begitu, nantinya siswa akan mengetahui hal-hal apa saja yang telah dipahaminya dan apa yang harus diperbaiki agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

 

Sehingga dengan penjelasan tersebut, siswa sebagai subjek pembelajaran akan mengetahui dan mendapatkan hal-hal tentang evaluasi, pencapaian, dan refleksi pembelajarannya.