Salah Satu Cara Melibatkan Murid Secara Aktif Dalam Asesmen Adalah Dengan Mengajak Murid Untuk

Salah Satu Cara Melibatkan Murid Secara Aktif Dalam Asesmen Adalah Dengan Mengajak Murid Untuk

Dalam artikel ini akan membahas kunci jawaban atas pertanyaan salah satu cara melibatkan murid secara aktif dalam asesmen adalah dengan mengajak murid untuk pada Topik 5 Modul 1 Kurikulum Merdeka Pelatihan Mandiri.

 

Pada materi Kurikulum dan Penilaian pada Modul 1, peserta akan diberikan materi tentang pengertian bahwa siswa adalah pusat pembelajaran.

 

Dalam materi pelatihan akan dijelaskan bahwa tujuan penilaian tidak lain adalah untuk mengetahui apakah target capaian pembelajaran telah tercapai dan apakah strategi yang diterapkan dapat membuat pencapaian ini menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:  Pendapat yang keliru tentang merdeka belajar adalah

 

Kemudian dijelaskan pula bagaimana cara agar siswa terlibat aktif dalam pelaksanaan penilaian. Siswa diharapkan terlibat penuh dalam menyusun RPP, memantau proses, dan melakukan refleksi terhadap proses yang sedang berlangsung.

 

Setelah itu, peserta dapat masuk ke latihan pemahaman untuk menjawab pertanyaan di atas. Peserta harus menyelesaikan latihan pemahaman ini terlebih dahulu sebelum dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca Juga:  Bagaimana cara anda menumbuhkan dan melatih budi pekerti murid selama ini? Post Test Modul 4

 

Pertanyaan

Salah satu cara melibatkan murid secara aktif dalam asesmen adalah dengan mengajak murid untuk

A. Melakukan penilaian diri

B. Melakukan penilaian antar teman

C. Membuat ceklis rencana dan capaian

D. Semua benar

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban:

Semua Benar (Jawaban D)

Baca Juga:  Berikut ini adalah elemen yang ada dalam naskah capaian pembelajaran, kecuali?

 

Pembahasan

Jawaban untuk soal diatas semuanya benar karena Melakukan penilaian diri, Melakukan penilaian antar teman, dan Membuat ceklis rencana dan capaian menunjukkan bahwa cara tersebut dapat membuat siswa aktif terlibat dalam asesmen.