Perhatikan pernyataan berikut menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid

Perhatikan pernyataan berikut. menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid. pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda

Artikel ini memuat jawaban soal Perhatikan pernyataan berikut. (1) menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid (2) Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda (3) Dapat membantu guru untuk menyusun laporan perkembangan murid yang lebih bermakna (4) Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat dapat guru gunakan untuk pembelajaran yang berbeda.

Baca Juga:  Melakukan asesmen seperti yang dilakukan pada pertanyaan di atas adalah melakukan asesmen diagnostik. Tujuannya untuk mengetahui kelemahan dan kemampuan siswa. Terutama dalam penguasaan materi atau kompetensi tertentu. Juga untuk melihat penyebab kendala yang dihadapi siswa. Nantinya hasil asesmen diagnostik ini akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan langkah tindak lanjut. Misalnya intervensi atau treatment sesuai dengan kelemahan yang dimiliki siswa. Karena tujuannya untuk membantu siswa, bukan untuk menguji apakah siswa lulus atau gagal. Asesmen diagnostik ini fleksibel dan akomodatif, tergantung kondisi masing-masing siswa. Bentuk penilaiannya bisa bermacam-macam, yang paling sederhana adalah pertanyaan berupa 'Respon Terpilih'. Fungsi penilaian diagnostik ini adalah untuk mengetahui masalah atau kesulitan apa yang dialami siswa dalam belajar. Selain itu, juga untuk membantu guru membuat rencana pembelajaran yang efisien. Karena informasi yang didapat dari penilaian ini akan berupa informasi tentang siswa, seperti masalah belajar, kelebihan, dan sejenisnya. Dari data yang diperoleh, guru dapat merancang dasar untuk metode pembelajaran selanjutnya. Juga tindakan atau kegiatan apa yang dapat membantu siswa mencapai target yang diharapkan.

 

Berikut ini adalah jawaban Soal dan Kunci Jawaban dalam Post Test Modul 2 topik 5 Asesmen SMP – SMA/SMK/ Paket B – C pada Platform Merdeka Mengajar yang bisa bapak ibu guru jadikan referensi.

 

DAFTAR ISI

Soal

Perhatikan pernyataan berikut.

  1. menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid
  2. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda
  3. Dapat membantu guru untuk menyusun laporan perkembangan murid yang lebih bermakna
  4. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat dapat guru gunakan untuk pembelajaran yang berbeda
Baca Juga:  Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah

Keuntungan menggunakan lembar amatan adalah

A. 1, 2 dan 3

B. 2, 3, dan 4

C. 1, 2, dan 4

D. 1, 3, dan 4

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

1, 3, dan 4 (Jawaban D)