jika kembali ke semester yang lalu materi dan pemahaman bermakna apa yang ingin anda sampaikan kepada murid-murid

Jika kembali ke semester yang lalu materi dan pemahaman bermakna apa yang ingin anda sampaikan kepada murid-murid

Dalam cerita reflektif Modul 5, Anda akan menemukan pertanyaan jika kembali ke semester yang lalu materi dan pemahaman bermakna apa yang ingin anda sampaikan kepada murid-murid.

 

Pembahasan Modul 5 tentang Pendidikan akan memberikan pemahaman tentang keselamatan dan kebahagiaan.

 

Agar dapat menyelesaikan tahapan-tahapan tersebut, guru diminta untuk terlebih dahulu menyelesaikan dan menjawab Latihan Pemahaman dan menulis Cerita Refleksi.

 

Pertanyaan

Perhatikan soal cerita reflektif berikut!

Baca Juga:  Melakukan asesmen seperti yang dilakukan pada pertanyaan di atas adalah melakukan asesmen diagnostik. Tujuannya untuk mengetahui kelemahan dan kemampuan siswa. Terutama dalam penguasaan materi atau kompetensi tertentu. Juga untuk melihat penyebab kendala yang dihadapi siswa. Nantinya hasil asesmen diagnostik ini akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan langkah tindak lanjut. Misalnya intervensi atau treatment sesuai dengan kelemahan yang dimiliki siswa. Karena tujuannya untuk membantu siswa, bukan untuk menguji apakah siswa lulus atau gagal. Asesmen diagnostik ini fleksibel dan akomodatif, tergantung kondisi masing-masing siswa. Bentuk penilaiannya bisa bermacam-macam, yang paling sederhana adalah pertanyaan berupa 'Respon Terpilih'. Fungsi penilaian diagnostik ini adalah untuk mengetahui masalah atau kesulitan apa yang dialami siswa dalam belajar. Selain itu, juga untuk membantu guru membuat rencana pembelajaran yang efisien. Karena informasi yang didapat dari penilaian ini akan berupa informasi tentang siswa, seperti masalah belajar, kelebihan, dan sejenisnya. Dari data yang diperoleh, guru dapat merancang dasar untuk metode pembelajaran selanjutnya. Juga tindakan atau kegiatan apa yang dapat membantu siswa mencapai target yang diharapkan.

Jika kembali ke semester yang lalu, materi dan pemahaman bermakna apa yang ingin anda sampaikan kepada murid-murid?

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Materi dan pemahaman yang paling berarti dan ingin saya sampaikan ketika kembali ke semester lalu adalah semoga dapat memperlancar proses pembelajaran bagi seluruh mahasiswa saya. Oleh karena itu, mari belajar bersama dengan semangat dan nikmati proses belajarnya serta percaya bahwa ada potensi luar biasa dalam diri kita.

Baca Juga:  Setelah Mempelajari Materi Ini, Hal Apa yang Paling Semangat Ingin Ibu dan Bapak Guru Coba?

 

Berdasarkan pemahaman materi yang telah disampaikan sebelumnya, untuk menjawab soal-soal yang mirip dengan soal-soal di atas, Anda hanya perlu menyiapkan jawaban yang sesuai dengan kesinambungan pembelajaran setiap harinya.

 

Selain itu juga akan ada pertanyaan tentang materi cerita reflektif 2 untuk menciptakan lingkungan belajar yang terbaik bagi siswa. Contoh pertanyaan yang akan Anda temui termasuk siapa yang telah Anda libatkan dalam pelajaran saat ini.

 

Baca Juga:  Acuan kompetensi dalam perencanaan pembelajaran paradigma baru

Bapak ibu guru dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan menyebutkan lebih dari satu mata pelajaran dengan contoh seperti di bawah ini.

 

“Dalam pelaksanaan pembelajaran, saya melibatkan baik orang tua maupun warga sekolah. Semuanya terlibat dalam proses pembelajaran, terutama materi yang berhubungan dengan pekerjaan. Mereka bisa menjadi sumber belajar bagi siswa.”

 

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan jika kembali ke semester lalu, materi dan pemahaman bermakna apa yang ingin disampaikan kepada siswa dalam cerita reflektif Modul 5.