Bagaimana pendapatmu terkait kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia

Bagaimana pendapatmu terkait kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

DAFTAR ISI

Jawaban

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia adalah hasil jerih payah dan perjuangan bangsa Indonesia dan merupakan sebuah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

 

Perjuangan bangsa Indonesia bukanlah hasil pemberian dari negara lain, oleh karena itu sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan tetap menjaga keutuhan dan persatuan negara Indonesia dengan turut berkontribusi dalam memajukan dan mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga:  Apa saja faktor eksternal dan internal yang menyebabkan kemerosotan voc

 

Perjuangan para pahlawan tanpa kenal lelah dan putus asa harus dipertahankan dan dijaga dengan membangun bangsa agar lebih maju dan bisa setara dengan bangsa dan negara-negara maju di dunia.

 

Pembahasan

Sebagaimana tertuang dalam alinea pertama Pembukaan UUD 1945 menyatakan bahwa kemerdekaan merupakan hak setiap bangsa. Oleh karena itu, Indonesia juga berhak memerdekaan diri dari penjajahan kala itu.

Baca Juga:  Sebutkan 2 ciri ciri globalisasi

 

Setelah memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Indonesia dihadapkan pada situasi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, terutama dari Belanda yang ingin menanamkan kekuasaannya kembali.

 

Tercatat, terjadi perang kemerdekaan sejak 1945-1950 dimana Indonesia melakukan perang terbuka untuk mencegah Belanda kembali berkuasa. Selain itu, Indonesia melakukan upaya-upaya diplomasi untuk mendapatkan pengakuan negara lain sebagai negara merdeka. Sejak 1945-1949, terjadi Perjanjian Hooge Veluwe, Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, hingga Konferensi Meja Bundar dengan tujuan mengakhiri kekuasaan Belanda.

Baca Juga:  Sepotong kawat sepanjang 60 cm berada dalam medan magnet yang berkekuatan 2500 wb/m2. besarnya gaya lorentz yang terjadi jika kawat tersebut berarus listrik 300 miliampere adalah