Gangguan pada tulang yang merupakan kelainan metabolisme asam urat adalah Gout arthitis (jawaban B)

Gangguan pada tulang yang merupakan kelainan metabolisme asam urat adalah

Gangguan pada tulang yang merupakan kelainan metabolisme asam urat adalah

A. Osteo-arthitis

B. Gout arthitis

C. Arthitis eksudif

D. Arthitis sika

E. Rheumatoid-arthitis

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Gangguan pada tulang yang merupakan kelainan metabolisme asam urat adalah Gout arthitis (jawaban B)

 

Pembahasan

Artritis gout adalah radang sendi yang disebabkan oleh timbunan kristal asam urat dipersendian. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan metabolisme purin. Purin adalah protein yang mengalami metabolisme didalam tubuh menjadi asam urat.

Baca Juga:  Fungsi Dari Testis Pada Alat Reproduksi Pria Adalah

 

Kadar asam urat normal untuk laki-laki adalah 7 mg% sedang untuk wanita adalah 5,1 mg%. Kadar asam urat dalam tubuh berasal dari makanan dan metabolisme tubuh, sebagian besar akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat apabila : masukan (makan) purin banyak, produksi meningkat dan pengeluarannya atau exkresinya terganggu.

 

SIAPA SAJA YANG DAPAT TERSERANG GOUT?

Gout dibedakan atas :

  • Gout primer adalah hiperurisemi yang disebabkan oleh pengeluaran asam urat dari tubuh yang sedikit atau produksi asam urat yang berlebihan. Hal ini terjadi karena : gangguan metabolisme asam urat, makan tinggi purin.
  • Gout sekunder adalah hiperurisemi yang disebabkan oleh karena obat-obatan atau penyakit lain misalnya kanker darah.
Baca Juga:  Makanan Yang Tidak Melalui Pencernaan Tetapi Langsung Diserap Usus Adalah

 

Sekarang kita kupas hanya tentang gout primer saja. Tidak semua orang akan menderita gout, hanya mereka yang mempunayi faktor risiko yang akan mendapatkan gout.

 

Faktor Risiko

Faktor risiko adalah suatu keadaan yang dapat mengakibatkan terjadinya hiperurisemia atau gout,antara lain : riwayat keluarga (genetik), kegemukan (obese), umur & jenis kelamin,makanan yang mengandung banyak purin dan penyakit kronis. Seseorang dengan riwayat keluarga gout – berisiko untuk terserang gout, begitu pula dengan kegemukan. Sex dan umur, pria lebih sering menderita gout dari pada wanita, kebanyakan pria umur 30-50 tahun dan wanita sesudah menopause.Makanan tertentu dapat mengakibatkan kenaikan asam urat.Penyakit kronis yang berisiko gout adalah : kencing manis, kadar lemak (kolesterol dan trigliserid) tinggi serta turunnya fungsi ginjal.

Baca Juga:  Jelaskan perbedaan antara penokohan langsung dan tidak langsung

 

Gejala

Sendi yang paling sering terserang adalah ibujari kaki, persendian lain di kaki dapat pula terserang, dengan keluhan sakit yang medadak dan hebat tengah malam atau menjelang pagi, sakit mencapai puncaknya maksimun 12 jam dari awitan sakit. Sendi yang terserang warnanya merah keunguan, bengkak dan sakit sekali, dengan sentuhanpun dirasakan nyeri. Serangan ini dapat terjadi berulang kali sehingga dapat terjadi timbunan kristal asam urat dibawah kulit yang disebut tofus. Tofus ini dapat pecah.

 

Sumber: rsborromeus.com