Apa perbedaan bahan serat dengan serat

Apa perbedaan bahan serat dengan serat

Apa perbedaan bahan serat dengan serat

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Perbedaan bahan serat dengan serat adalah

  • Serat: merupakan jaringan memanjang yang utuh dan tidak terpecah.
  • Bahan serat: merupakan hasil dari penggabungan jaringan memanjang sehingga membentuk lembaran atau tali. Bahan serat pada dasarnya terbuat dari gabungan serat.
Baca Juga:  Bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah

 

Pembahasan

Serat adalah suatu komponen yang memiliki bentuk yang berorientasi pada ukuran panjangnya. Serat ini merupakan bahan yang diperlukan untuk membuat bahan serat. Bahan serat adalah bahan yang terbuat dari kumpulan atau gabungan serat sehingga membentuk lembaran yang memiliki panjang dan lebar.

 

Serat bisa dibedakan menjadi:

  • Serat alam: jenis serat yang berasal dari lingkungan alam, baik dari hewan atau dari tumbuhan.
  • Serat buatan: jenis serat yang dihasilkan oleh kegiatan industri yang dilakukan oleh manusia sehingga tersedia dalam jumlah yang banyak.
Baca Juga:  Struktur teks cerita sejarah

 

Berikut adalah contoh dari serat alam:

  • Kapas: jenis serat yang berasal dari biji kapas ini digunakan untuk membuat kain katun. Kain katun adalah contoh dari bahan serat yang terbuat dari serat kapas.
  • Bulu biri-biri: jenis serat yang berasal dari bulu biri-biri ini digunakan untuk membuat kain wol. Oleh karena itu, wol adalah bahan serat yang terbuat dari serat biri-biri.
  • Kain sutera: jenis serat yang berasal dari kepompong ulat sutera. Kain sutera adalah salah satu contoh dari serat alam yang memiliki harga mahal karena karakteristiknya yang mengkilat dan halus.
Baca Juga:  Peristiwa kejadian penting tempat kejadian waktu kejadian pihak yang terlibat sumber sejarah