Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es adalah efek rumah kaca, efek ini akan menjadikan panas suhu permukaan bumi meningkat, sehingga menimbulkan pemanasan global.

Baca Juga:  Definisi sosiologi menurut pitirim a Sorokin

 

Pembahasan

Lemari es dan pendingin ruangan memiliki sistem kerja yang hampir sama, yaitu mengambil udara panas di dalam ruangan dan di ganti dengan udara yang lebih rendah suhunya. Hal yang berbeda adalah ruangan lemari pendingin lebih kecil.

 

Lemari es dan pendingin ruangan sama-sama menggunakan senyawa freon atau chloro fluoro carbon (CFC) yang berfungsi untuk mendinginkan udara.

Baca Juga:  Jelaskan mengenai sarana dan prasarana permainan bola voli

 

Senyawa CFC ini cukup berbahaya karena jika terlepas di udara akan berikatan dengan senyawa ozon sehingga lapisan ozon menjadi berlubang. Hal ini dapat menimbulkan pemanasan global dan masuknya sinar ultraviolet secara langsung.

 

Sinar ultraviolet memang dapat menambah imunitas tubuh, tapi jika sinar masuk tanpa disaring oleh ozon, dapat menimbulkan penyakit kanker kulit.

Baca Juga:  Jelaskan 3 dimensi pancasila sebagai ideologi terbuka

 

Dampak lain yang dapat ditimbulkan dari penggunaan lemari es dan pendingin ruangan adalah alat-alat yang sudah rusak menjadi sampah besar yang sulit untuk di daur ulang. Alat-alat yang rusak akan menambah tinggi tumpukan sampah dan menimbulkan masalah lingkungan.