Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global

Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global

Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

 

Jawaban

Gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global adalah

  • Karbon dioksida (CO₂)
  • Nitrogen oksida yang terdiri dari nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO₂)
  • Metana (CH₄)
  • Klorofluorokarbon (CFC)
  • Sulfur dioksida (SO₂)

 

Pembahasan

Pemanasan global merupakan salah satu isu global yang menyebabkan terjadinya perubahan pada iklim baik di Indonesia maupun di dunia. Pemanasan global tidak hanya berdampak pada iklim tetapi berpengaruh pada kondisi alam pada umumnya.

Baca Juga:  Jelaskan dimensi nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideologi terbuka

 

Pemanasan global atau dalam istilah bahasa Inggris disebut sebagai global warming adalah kondisi yang terjadi akibat peningkatan suhu rata-rata baik atmosfer, daratan maupun lautan di Bumi ini. Pemanasan global disebabkan oleh banyak hal terutama adanya gas-gas berbahaya yang dihasilkan dari aktivitas manusia seperti kendaraan bermotor, aktivitas industri, dan pengembangan teknologi yang melibatkan gas-gas berbahaya.

Baca Juga:  Sebutkan Dan Jelaskan Aba Aba Dalam Start Jongkok Dalam Nomor Lari Jarak Pendek

 

Beberapa gas yang memicu terjadinya pemanasan global, antara lain:

  • Karbon dioksida

Meningkatnya karbon dioksida (CO₂) di atmosfer, sebagai dampak dari efek rumah kaca yang digunakan manusia dalam usaha membudidayakan tanaman, menyebabkan sinar matahari terjebak pada permukaan bumi sehingga meningkatkan temperatur Bumi.

 

  • Nitrogen oksida

Nitrogen dioksida (NO₂) merupakan ahan sintesis untuk pembuatan asam nitrit yang produksinya sangat diminati sehingga meningkat setiap tahunnya. Gas ini merupakan salah satu bahan pencemar udara.

Baca Juga:  Peran sultan syarif kasim 2 dalam mendukung pemerintah republik indonesia yang baru merdeka adalah

 

  • Metana

Metana merupakan gas yang dimanfaatkan sebagai bahan pengganti bahan bakar fosil yang menjadi salah gas yang berperan dalam kerusakan lingkungan.

 

  • Klorofluorokarbon (CFC)

Klorofluorokarbon (CFC) merupakan bahan yang banyak digunakan pada industri antara lain sebagai refrigeran, propelan, dan pelarut.

 

  • Belerang dioksida (SO₂)

Belerang dioksida merupakan senyawa kimia yang dihasilkan dari pembakaran batu bara dan minyak bumi yang banyak digunakan sebagai bahan bakar industri dan kendaraan bermotor.