Sebutkan contoh bahan tambang mineral logam

Sebutkan contoh bahan tambang mineral logam

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Contoh bahan tambang mineral logam

  • Timah putih
  • Tembaga
  • Bauksit
  • Besi
  • Nikel
  • Emas, perak, dan platina
  • Mangan

 

Baca Juga:  Tujuan Percobaan Sachs Dalam Pembuktian Fotosintesis Adalah

Pembahasan

Pengertian Mineral Logam

Mineral Logam adalah mineral yang unsur utamanya mengandung logam, memiliki kilap logam, dan umumnya bersifat sebagai penghantar panas dan listrik yang baik.

 

Pengertian Mineral Bukan Logam

Mineral Bukan Logam adalah mineral yang unsur utamanya terdiri atas bukan logam, misalnya bentonit, kalsit (batu kapur/gamping), silika (pasir kuarsa), dan lain-lain.

Baca Juga:  Budi utomo merupakan organisasi pertama di indonesia yang perjuangan lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organisasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa budi utomo itu didirikan

 

Pengertian Barang Tambang

Berdasarkan sifat pembaharuannya, sumber daya alam dibagi jadi 2 jenis, yakni sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

 

Barang tambang termasuk dalam sumber daya alam tak dapat diperbarui karena sebagian besar telah terbentuk sejak zaman purba dan butuh waktu sangat lama bila hendak diperbarui kembali.

Baca Juga:  Luas Salah Satu Sisi Kubus 36 Cm Tentukan Volume Kubus Tersebut

 

Barang tambang merupakan sumber daya alam, baik berupa bukan mineral, mineral logam, maupun mineral bukan logam yang berasal dari dalam bumi. Pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan sampai berjuta-juta tahun, untuk itulah barang tambang termasuk dalam SDA tak dapat diperbarui