Materi Genetik Yang Berperan Dalam Pewarisan Sifat adalah Gen

Materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat adalah

Dalam artikel kali ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban dengan soal pertanyaan materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat adalah

 

Berikut ini Jawaban dan pembahasan dari soal di atas yang bisa kamu jadikan referensi.

 

Soal

Materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat adalah

A. Kromosom

B. Gen

C. Mitosis

D. Meiosis

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat adalah Gen (jawaban B)

 

Pembahasan

Materi Genetik Yang Berperan Dalam Pewarisan Sifat

Materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat adalah DNA (Deoxyribonucleic Acid) dan gen. DNA adalah molekul yang menyimpan informasi genetik dalam sel, sedangkan gen adalah bagian dari DNA yang mengkodekan instruksi-instruksi untuk sintesis protein dan mengontrol karakteristik atau sifat-sifat tertentu.

Baca Juga:  Upaya dalam bidang kesehatan dengan memasukkan bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau merupakan bagian kecil dari tubuh

 

Penjelasan lebih lanjut:

DNA (Deoxyribonucleic Acid):

DNA adalah materi genetik yang terletak di inti sel pada organisme eukariotik (seperti manusia, hewan, dan tumbuhan). DNA terdiri dari dua untai berpilin ganda yang berikatan bersama melalui basa nitrogen. Ada empat jenis basa nitrogen yang membentuk pasangan-pasangan tertentu: adenin (A) berpasangan dengan timin (T), dan guanin (G) berpasangan dengan sitosin (C). Struktur ini membentuk kode genetik yang mengandung informasi untuk membentuk protein dan mengontrol sifat-sifat pewarisan.

Baca Juga:  Ciri pernapasan dada pada waktu inspirasi adalah

 

Gen:

Gen adalah bagian khusus dari DNA yang berisi instruksi-instruksi untuk pembentukan protein tertentu. Gen adalah unit dasar pewarisan sifat. Manusia memiliki ribuan gen yang mengkodekan berbagai sifat-sifat fisik dan fungsional, seperti warna mata, kelompok darah, dan kemampuan untuk mencerna laktosa. Pewarisan sifat terjadi melalui penggabungan dan pewarisan gen dari orangtua ke keturunan.

 

Proses pewarisan sifat dimulai dengan konsepsi, ketika sel telur dan sel sperma yang mengandung informasi genetik dari kedua orangtua bergabung untuk membentuk zigot. Selanjutnya, zigot akan mengalami pembelahan sel dan perkembangan menjadi organisme yang lebih besar. Selama perkembangan, gen-gen yang ada dalam DNA akan mengatur pembentukan dan fungsi sel-sel yang berbeda, dan inilah yang akhirnya akan menentukan sifat-sifat individu.

Baca Juga:  Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah

 

Dengan demikian, materi genetik, yaitu DNA dan gen, memainkan peran penting dalam pewarisan sifat. Informasi genetik yang diwariskan melalui DNA mengatur sifat-sifat yang dimiliki oleh organisme dan menentukan bagaimana sifat-sifat tersebut akan diturunkan dari generasi ke generasi. Ini adalah dasar dari genetika, cabang ilmu yang mempelajari cara sifat-sifat pewarisan dan berinteraksi dengan informasi genetik.