Upaya dalam bidang kesehatan dengan memasukkan bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau merupakan bagian kecil dari tubuh

Upaya dalam bidang kesehatan dengan memasukkan bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau merupakan bagian kecil dari tubuh

Kunci jawaban untuk soal Upaya dalam bidang kesehatan dengan memasukkan bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau merupakan bagian kecil dari tubuh bakteri atau virus ke dalam tubuh seseorang, sehingga memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu yang disebabkan oleh virus atau bakteri merupakan pemanfaatan hasil bioteknologi yang digunakan pada proses

A. Inseminasi

B. Inkubasi

C. Fermentasi

D. Vaksinasi

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Vaksinasi (D)

 

Pembahasan

Pengertian Inseminasi

Inseminasi buatan atau Intrauterine Insemination (IUI) adalah salah satu alternatif program hamil dengan menempatkan sperma di dalam rahim wanita untuk membantu proses pembuahan.

Baca Juga:  Organ manusia yang bertanggung jawab mengekskresikan sisa-sisa metabolisme dalam darah adalah

 

Inseminasi buatan bertujuan untuk memperbanyak jumlah sperma yang dapat mencapai tuba falopi sehingga terjadi pembuahan dan kehamilan.

 

Inseminasi buatan dilakukan dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim pada saat pelepasan sel telur (ovulasi) dengan menggunakan kateter kecil. Umumnya inseminasi buatan tidak memakan waktu lama.

 

Pengertian Inkubasi

Inkubasi adalah proses pemeliharaan kultur mikroba dengan mempertahankan suhu tertentu agar dapat bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu untuk melihat pertumbuhan bakteri. Mikroorganisme yang ada di dalamnya tidak sembarangan diletakkan begitu saja. Ada cara tersendiri untuk melakukannya yaitu dengan diinokulasikan pada media padat atau cair agar pertumbuhannya dapat terlihat dengan jelas dan dapat tumbuh dengan lebih lancar pula.

Baca Juga:  Salah satu organ pernapasan yang berfungsi sebagai alat penyaring dan penghangat yaitu

 

Yang berperan penting dalam bagian inkubasi mikrobiologi adalah suhu. Ya, jika suhu tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, maka mikroorganisme tidak dapat tumbuh dengan baik dan malah mati. Dengan inkubasi, pertumbuhan mikroorganisme dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Oleh karena itu proses pemeliharaan kultur mikroba pada suhu tertentu menjadi sangat penting.

 

Pengertian Fermentasi

Fermentasi adalah proses alami dimana mikroorganisme seperti ragi dan bakteri mengubah karbohidrat, seperti pati dan gula, menjadi alkohol atau asam. Dalam proses ini, alkohol atau asam berperan dalam pembuatan pengawet alami yang dapat membuat makanan menghasilkan cita rasa yang berbeda. Proses fermentasi umumnya akan mengembangkan bakteri baik yaitu probiotik. Bakteri baik tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi tubuh seperti meningkatkan sistem imun, baik untuk pencernaan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Bagaimana wortel berkembang biak

 

Pengertian Vaksin

Vaksin adalah suatu zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Ada banyak jenis vaksin dan kandungannya juga berbeda. Masing-masing vaksin ini dapat memberi Anda perlindungan dari penyakit berbahaya tertentu.

 

Vaksin mengandung bakteri, racun, atau virus penyebab penyakit yang dilemahkan atau dibunuh. Saat dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, vaksin akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi. Proses pembentukan antibodi disebut imunisasi.