Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses transpor elektron

Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses

A. glikolisis

B. pembentukan asetil KoA

Baca Juga:  Substansi yang dikeluarkan serangga untuk mempengaruhi serangga lain yang sejenis dan menghambat berproduksi disebut

C. siklus Krebs

D. sistem transpor elektron

E. pembentukan ATP

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses transpor elektron (D).

 

Pembahasan

Pengertian Respirasi Aerob

Respirasi aerob adalah proses penguraian senyawa organik dengan bantuan oksigen. Sedangkan respirasi aerobik secara umum juga diartikan sebagai proses reaksi pelarutan senyawa glukosa yang memerlukan bantuan oksigen. Oksigen akan membantu dalam proses ini untuk menangkap elektron sehingga kemudian bereaksi dengan ion hidrogen dan menghasilkan air.

Baca Juga:  Diketahui suatu bakteri membelah menjadi tiga bagian setiap 14 menit. Jika banyak bakteri mula-mula adalah 25 dan membutuhkan waktu t menit untuk membelah menjadi 18.225. Jika suatu bakteri memeblah menjadi tiga bagian setiap 28 menit selama tt menit, maka banyaknya bakteri tersebut adalah

 

Proses penguraian senyawa tersebut akan terjadi di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa, setiap molekul glukosa melewati empat tahap respirasi aerobik untuk menghasilkan energi bagi tubuh kita.

 

Transpor Elektron

Tahap ini merupakan tahap akhir pada respirasi aerob yang disertai pembentukan ATP paling banyak. Transpor elektron berlangsung di dalam krista, yaitu membran dalam mitokondria. Reaksi yang berlangsung di dalam transpor elektron adalah reaksi reduksi dan oksidasi antara senyawa NADH dan FADH2. Kedua senyawa tersebut dihasilkan dari tahapan sebelumnya. Senyawa yang terlibat dalam transpor elektron adalah koenzim Q, sitokrom B, sitokrom C, sitokrom A, sitokrom A3, dan oksigen.

Baca Juga:  Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama perbedaannya antara lain