Dalam pembuatan oncom digunakan jamur neurospora sitophila yang berperan untuk Mengeluarkan enzim yang aktif menguraikan ampas kacang kedelai

Dalam pembuatan oncom digunakan jamur neurospora sitophila yang berperan untuk

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dalam pembuatan oncom digunakan jamur neurospora sitophila yang berperan untuk

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Dalam pembuatan oncom digunakan jamur neurospora sitophila yang berperan untuk

A. Mengeluarkan enzim yang aktif menguraikan ampas kacang kedelai

B. Mengubah protein kompleks kacang kedelai menjadi protein sederhana

Baca Juga:  Proses inspirasi pada pernapasan dada diawali dengan

C. Mengubah kacang kedelai hitam menjadi cair dengan bantuan fermentasi garam

D. Mengeluarkan asam laktat dari ampas kedelai

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dalam pembuatan oncom digunakan jamur neurospora sitophila yang berperan untuk Mengeluarkan enzim yang aktif menguraikan ampas kacang kedelai (jawaban A).

 

Pembahasan

Manusia menggunakan jamur Neurospora sitophila untuk membuat oncom merah. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan oncom merah adalah bungkil kacang tanah atau ampas tahu.

Baca Juga:  Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses

 

Bahan bakunya berupa bungkil kacang atau ampas tahu matang yang kemudian dicampur dengan Neurospora sitophila dan didiamkan selama dua sampai tiga hari.

 

Setelah tiga hari, bungkil kacang tanah atau ampas tahu akan tumbuh jamur berwarna jingga atau kuning cerah dan siap diolah menjadi makanan yang berbeda.

 

Neurospora sitophila berperan dalam produksi enzim amilase, lipase dan protease serta senyawa lain yang bermanfaat bagi manusia.

Baca Juga:  Sebutkan 3 kewajiban dalam menggunakan sumber daya alam

 

Enzim amilase akan menghidrolisis pati pada bahan baku oncom menjadi glukosa.

 

Sedangkan enzim lipase akan menghidrolisis lipid pada bahan baku oncum menjadi asam lemak dan gliserol. Dan enzim protease akan memecah protein pada bahan baku Oncum menjadi asam amino. Produksi enzim yang berbeda-beda dan hasil penguraian enzim-enzim tersebut akan memudahkan manusia untuk mencernanya di kemudian hari.