Apa yang mereka temukan bagaimana cara kerja penemuan tersebut

Apa yang mereka temukan bagaimana cara kerja penemuan tersebut

Apa yang mereka temukan bagaimana cara kerja penemuan tersebut

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

DAFTAR ISI

Jawaban

Robert Hooke, penemu sel melakukan pengamatan pada sayatan gabus dengan menggunakan kaca pembesar mikroskop. Dari pengamatannya, Hook melihat bahwa terdapat ruangan kecil yang menyusun gabus. Kemudian, ruangan kecil tersebut Ia beri nama Sel.

 

Sementara di tahun 1831, Robert Brown mengungkapkan bahwa sel adalah satu ruangan kecil namun dibatasi oleh membran. Dimana di dalamnya juga terdapat cairan yang diberi nama protoplasma. Cairan tersebut terdiri dari plasma sel atau juga biasa disebut sitoplasma dan inti sel (nukleus). Kemudian di dalam inti sel, ada plasma inti yang disebut dengan nukleoplasma.

Baca Juga:  Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong kebangkitan nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa

 

Beberapa tahun kemudian tepatnya di tahun 1839, seorang ahli fisiologi asal Jerman yaitu Theodor Schwann, menyatakan bahwa semua organisme tersusun oleh sel. Lalu muncul pertanyaan terkait, darimana asal dari sel-sel tersebut? Kemudian ahli fisika asal Jerman yang bernama Rudolf Virchow mengungkapkan bahwa sel-sel tersebut berasal dari sel yang sebelumnya sudah ada. Teori mengenai “sel berasal dari sel” tersebut kemudian diperkuat dengan berbagai penelitian ahli mikrobiologi asal Perancis, yaitu Louis Pasteur. Dimana Ia melakukannya pada tahun 1859 hingga 1861.

Baca Juga:  Jelaskan mengapa akuntansi penting dalam dunia bisnis

 

Ukuran sel sendiri sangat bervariasi. Mulai dari 1 sampai 10 mikron, contohnya saja bakteri. Kemudian ada juga yang berukuran 30 hingga 40 mikron, contohnya Protozoa. Bahkan ada pula yang mencapai beberapa sentimeter, contohnya saja serabut kapas.

 

Selain itu, sel juga memiliki berbagai macam bentuk. Walaupun ukurannya sangat kecil, tapi strukturnya sangatlah rumit dan setiap bagian sel mempunyai fungsi yang berbeda dan juga khusus. Misalnya saja, mitokondria yang ada di dalam sel berguna untuk menghasilkan energi, sementara lisosom berfungsi sebagai pencerna.

Baca Juga:  Bangun datar yang menyusun jaring-jaring balok berbentuk

 

Namun perlu diketahui bahwa bagian di dalam sel tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga bagian-bagian tersebut harus berada di dalam kesatuan sel supaya bisa berfungsi dengan normal. Antar bagian sel pasti akan saling berhubungan dan ketergantungan. Oleh sebab itu, sel dipandang sebagai salah satu unit terkecil dari organisme atau makhluk hidup.