pada tumbuhan air dari akar dapat naik sampai ke daun disebabkan oleh daya kapilaritas batang pernyataan yang benar terkait peristiwa tersebut adalah

Pada tumbuhan air dari akar dapat naik sampai ke daun disebabkan oleh daya kapilaritas batang pernyataan yang benar terkait peristiwa tersebut adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pada tumbuhan air dari akar dapat naik sampai ke daun disebabkan oleh daya kapilaritas batang pernyataan yang benar terkait peristiwa tersebut adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Pada tumbuhan air dari akar dapat naik sampai ke daun disebabkan oleh daya kapilaritas batang pernyataan yang benar terkait peristiwa tersebut adalah

A. Di dalam sel-sel akar terjadi peristiwa osmosis sehingga menyebabkan daya kapilaritas batang meningkat.

Baca Juga:  Pernyataan berikut yang tidak benar dalam proses fermentasi adalah

B. Jaringan xilem memiliki diameter yang sangat kecil sehingga memiliki tekanan yang besar untuk menaikkan air ke daun.

C. Jaringan floem memiliki diameter yang sangat kecil sehingga memiliki tekanan yang besar untuk menaikkan air ke daun.

D. Air dari dalam tanah dapat naik karena daya isap daun yang rendah sehingga tekanan osmosis dalam sel meningkat.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pada tumbuhan air dari akar dapat naik sampai ke daun disebabkan oleh daya kapilaritas batang pernyataan yang benar terkait peristiwa tersebut adalah Di dalam sel-sel akar terjadi peristiwa osmosis sehingga menyebabkan daya kapilaritas batang meningkat (jawaban A).

Baca Juga:  Organisme berikut yang tidak dapat meningkatkan kandungan nitrogen tanah adalah

 

Pembahasan

Dilansir dari Buku Ajar Ilmu Biomedik Dasar Mahasiswa Keperawatan oleh Fatwa Imelda (2022), osmosis pada sel tumbuhan merupakan proses difusi khusus yang hanya menyebarkan air, sehingga bisa disebut juga difusi air.

 

Osmosis adalah proses perpindahan pelarut dari larutan yang memiliki daya konsentrasi cukup rendah atau pelarut murni. Cara mengetahui adanya osmosis adalah dengan menggunakan bejana yang telah dipisahkan oleh membran semipermeabel.

 

Membran ditempatkan dalam dua cairan glukosa yang terdiri dari air dan glukosa. Air berfungsi sebagai pelarut, sedangkan glukosa berperan sebagai zat terlarut karena konsentrasinya berbeda satu sama lain.

Baca Juga:  Manfaat energi matahari bagi tumbuhan

 

Larutan air akan berpindah dari larutan dengan konsentrasi rendah ke glukosa yang memiliki konsentrasi tinggi.

 

Contoh osmosis adalah penyerapan air oleh akar tanaman. Hal ini dapat terjadi karena akar tanaman memiliki konsentrasi zat terlarut yang lebih tinggi dibandingkan tanah.

 

Hal inilah yang menyebabkan terjadinya osmosis, dimana air di dalam tanah masuk ke dalam akar tanaman, kemudian menuju ke xilem. Selanjutnya, air diangkut ke seluruh bagian tanaman.