Pernyataan berikut yang tidak benar dalam proses fermentasi adalah

Pernyataan berikut yang tidak benar dalam proses fermentasi adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pernyataan berikut yang tidak benar dalam proses fermentasi adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Pernyataan berikut yang tidak benar dalam proses fermentasi adalah

(1) Hasil akhir berupa bahan organik

(2) Berlangsung di dalam sitoplasma

Baca Juga:  Diketahui suatu bakteri dapat membelah diri menjadi tiga setiap 13 menit. Jika banyak bakteri mula-mula berjumlah 20, diperlukan waktu t agar jumlah bakteri menjadi 14.580. Jika bakteri tersebut membelah diri menjadi tiga setiap 26 menit, banyak bakteri setelah waktu t adalah

(3) Berlangsung tanpa oksigen

(4) Diproduksi ATP dan NADH2

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pernyataan berikut yang tidak benar dalam proses fermentasi adalah Hasil akhir berupa bahan organik, Berlangsung di dalam sitoplasma, Berlangsung tanpa oksigen.

 

Pembahasan

Fermentasi adalah teknik pengawetan makanan yang dilakukan secara alami. Proses ini melibatkan mikroorganisme seperti ragi dan bakteri yang mengubah karbohidrat menjadi alkohol dan asam amino organik dalam kondisi anaerobik (tanpa oksigen). Secara umum, perilaku mikroorganisme terhadap makanan dapat memiliki efek positif dan negatif, dan fermentasi makanan memberikan efek positif ini.

Baca Juga:  Bagaimana cara kamu mensyukuri proses pertumbuhan ini

 

Proses fermentasi dapat mengubah rasa, aroma dan tekstur makanan serta mempertahankan umur makanan tersebut. Padahal, makanan yang melalui proses ini juga memberikan efek positif bagi kesehatan saat disantap. Oleh karena itu tidak heran jika fermentasi merupakan teknik yang diwariskan secara turun temurun dengan perkembangan yang berbeda dalam pengelolaannya.

 

Baca Juga:  Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses

Menurut Farida dan Sari (2019) dalam jurnal “Utilization of Microorganism on the Development of Halal Food Based on Biotechnology”, makanan fermentasi dapat dibedakan menjadi empat jenis yang dapat dilihat dari prosesnya, yaitu fermentasi asam laktat, fermentasi jamur, dan fermentasi alkohol. fermentasi. Fermentasi menggunakan kadar garam.