Tekanan darah pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan hukum pascal.

Tekanan darah pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal tekanan darah pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

DAFTAR ISI

Soal

Tekanan darah pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tekanan darah pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan hukum pascal.

Baca Juga:  Sebutkan gangguan yang dapat menyerang organ paru-paru

 

Pembahasan

Tekanan ini sering disebut sebagai tekanan darah pada peredaran darah. Tekanan darah pada pembuluh darah memiliki prinsip kerja seperti hukum Pascal.

 

Peredaran darah terdapat pada pembuluh darah yang merupakan ruang tertutup. Sehingga tekanan pada pembuluh darah berlaku prinsip hukum Pascal.

 

Organ utama peredaran darah pada manusia adalah jantung. Jantung terdiri dari empat ruangan, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.

Baca Juga:  Ciri pernapasan dada pada waktu ekspirasi adalah

 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, jantung memompa darah agar darah mengalir ke seluruh tubuh.

 

Darah merupakan alat transportasi oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh. Darah mengalir di pembuluh darah.

 

Jantung memompa darah karena adanya otot jantung. Saat otot-otot di ventrikel berkontraksi, darah akan mendapat dorongan.

 

Dorongan untuk mengalir keluar dari jantung melalui aorta disebut tekanan darah sistolik. Sedangkan pada saat ventrikel dalam keadaan rileks, darah akan mendapat dorongan untuk masuk ke atrium melalui vena yang disebut darah diastole.

Baca Juga:  Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca

 

Agar tekanan darah tetap terjaga, pembuluh darah harus terisi darah. Jika terjadi kecelakaan dan kehilangan darah, maka tekanan darah akan menurun.

 

Ini karena darah tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh. Darah yang tidak dapat mengalir menyebabkan kematian sel-sel dalam tubuh karena kekurangan oksigen dan nutrisi.