Bagian permulaan dalam permainan bulutangkis adalah servis.

Bagian permulaan dalam permainan bulutangkis adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal bagian permulaan dalam permainan bulutangkis adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Bagian permulaan dalam permainan bulutangkis adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Bagian permulaan dalam permainan bulutangkis adalah servis.

 

Pembahasan

Pengertian Servis

Pukulan servis atau yang biasa dikenal sebagai “Serve” merupakan jenis pukulan paling awal dalam suatu permainan bulutangkis dimana ketika seorang pemain melakukan pukulan ini maka itu menandakan permainan bulutangkis telah dimulai. Secara singkat, pukulan servis adalah pukulan penanda mulainya suatu permainan bulutangkis.

 

Jenis Pukulan Servis Bulutangkis

  1. Pukulan Servis Backhand

Servis backhand digunakan dengan tujuan agar tidak mudah dikembalikan oleh musuh. Servis ini juga termasuk dalam kategori servis pendek. Umumnya servis ini ditemukan dalam permainan ganda. Cara melakukan servis ini adalah dengan mengayunkan raket tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lama.

Baca Juga:  Jelaskan upaya pencegahan agar terhindar dari napza

 

  1. Pukulan Servis Forehand

Servis forehand dapat dikategorikan menjadi servis pendek dan servis panjang. Servis ini dilakukan dengan tujuan untuk menempatkan lawan pada posisi yang tidak nyaman untuk bertahan. Forehand ada 2 jenis yaitu forehand rendah dan tinggi. Yang membedakan kedua jenis pukulan forehand ini adalah seberapa besar gaya yang digunakan. Dalam menggunakan forehand tinggi, tenaga yang digunakan harus besar sedangkan forehand rendah harus menggunakan tenaga yang jauh lebih sedikit.

 

  1. Pukulan Servis Flick

Jika membahas servis jenis ini, pasti yang terlintas di benak adalah salah satu pasangan ganda putra terbaik Indonesia, yakni Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon. Merekalah yang paling sering melakukan flick servis untuk mengelabui lawannya. Flick serve adalah jenis servis yang dilakukan dengan ketukan untuk mengelabui lawan agar tidak bisa mengembalikan servis dengan baik.

Baca Juga:  Yang dimaksud dengan sasaran dalam pencak silat adalah

 

Servis jenis ini dapat digunakan dengan forehand atau backhand. Cara melakukan servis flick yang benar adalah ketika shuttlecock dipukul, gagang raket harus dapat diarahkan ke bawah dan kepala raket harus berada pada posisi yang jauh lebih rendah dari tangan yang memegang raket. Oleh karena itu, adalah hal yang umum untuk melihat servis cepat dalam permainan ganda.

 

  1. Pukulan Servis Panjang

Servis panjang ini biasanya dikenal sebagai servis tunggal yang dalam dan biasanya digunakan dalam permainan tunggal. Pukulan ini dimaksudkan untuk memberikan pantulan yang tinggi dan mengarahkan shuttlecock ke belakang lapangan permainan lawan. Servis ini dilakukan dengan menggunakan pukulan forehand.

 

  1. Pukulan Servis Smash

Servis smash merupakan jenis servis yang cukup menakutkan karena servis ini dapat menekan lawan. Saat pemain melakukan teknik servis ini, biasanya lawan akan kehilangan poin karena merasa kaget dan tidak siap menerima pukulan. Oleh karena itu, servis ini sangat cocok saat ingin mengecoh permainan lawan. Cara yang tepat untuk melakukan servis smash adalah dengan mengayunkan pergelangan tangan secepat dan sekeras mungkin.

Baca Juga:  Setelah melakukan latihan lalu ada waktu untuk pemulihan disebut

 

  1. Pukulan Servis Mendatar

Flat service sering juga disebut sebagai drive service. Cara melakukan service ini adalah dengan memposisikan raket dan tangan secara mendatar pada saat ingin memukul shuttlecock. Usahakan untuk tidak memukul shuttlecock dengan tenaga yang berlebihan agar posisi shuttlecock dapat jatuh tepat sasaran.

 

  1. Pukulan Servis Pendek

Pukulan ini merupakan jenis pukulan yang cukup berbahaya untuk dilakukan. Pasalnya, servis ini bisa dikatakan pelanggaran jika pemain melakukan servis di atas ketinggian lebih dari 115 cm. Oleh karena itu, untuk melakukan servis jenis ini diperlukan penerapan teknik yang benar.

 

Servis pendek adalah jenis servis yang bertujuan untuk mengarahkan shuttlecock ke depan lapangan permainan lawan. Servis jenis ini bertujuan agar dekat dengan net. Secara umum, jenis pukulan ini dapat ditemukan di ganda.