Sikap akhir berdiri dalam pencak silat adalah

Sikap akhir berdiri dalam pencak silat adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal sikap akhir berdiri dalam pencak silat adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Sikap akhir berdiri dalam pencak silat adalah

A. Kaki kangkang dan tangan disamping badan

B. Kaki rapat berdiri tegak

C. Duduk bersimpuh

D. Kuda-kuda

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Sikap akhir berdiri dalam pencak silat adalah kuda-kuda (jawaban D)

 

Pembahasan

Pengertian Sikap Pasang Pencak Silat

Sikap pasang adalah teknik sikap dan gerak kesiap-siagaan dalam menghadapi lawan untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola, dilakukan pada awal atau akhir dari rangkaian gerak.

Baca Juga:  Jelaskan perbedaan pukulan lambung dan pukulan smash

 

Sikap pasang merupakan koordinasi sikap kuda-kuda, sikap tubuh, dan sikap lengan (Januarno, 1989: 71). Sikap pasang adalah kelanjutan dari sikap kuda-kuda dan merupakan sikap penting dalam melakukan bela serang pada pertandingan pencak silat. Januarno (1989: 70) membagi ada 8 sikap pasang pada pencak silat, yaitu:

Macam-macam Sikap Pasang Pencak Silat

  1. Sikap pasang 1, adalah kuda-kuda depan yaitu kaki kiri depan ditekuk rileks, badan tegak kedua tangan rileks di depan dada, dan pandangan lurus ke depan.
  2. Sikap pasang 2, adalah dari kuda-kuda depan dilanjutkan badan dan kaki tumpu depan diputar 45 derajad ke arah kiri, sedang kaki belakang sedikit jinjit.
  3. Sikap pasang 3, adalah dari kuda-kuda depan dilanjutkan kaki kanan belakang ditarik serong kanan serta kedua tangan rileks di depan dada.
  4. Sikap pasang 4, adalah kuda-kuda kangkang berat badan dikedua kaki, badan tegak pandangan lurus ke depan serta kedua tangan rileks di depan dada.
  5. Sikap pasang 5, adalah kuda-kuda silang belakang yaitu melangkahkan kaki kanan ke depan dilanjutkan menyilangkan kaki kiri dibelakang kaki kanan sehingga berat badan di kaki kanan, pandangan menyamping serta kedua tangan rileks di depan dada.
  6. Sikap pasang 6, adalah kuda-kuda tengah menyamping pandangan ke arah samping kiri serta kedua tangan rileks di depan dada.
  7. Sikap pasang 7, adalah kuda-kuda silang depan yaitu dari sikap kuda-kuda tengah menyamping, kaki kanan disilangkan ke depan kaki kiri, pandangan ke arah samping kiri serta kedua tangan rileks di depan dada.
  8. Sikap pasang 8, adalah mengangkat kaki kiri dan kaki kanan sebagai tumpuan, pandangan ke lurus ke depan serta kedua tangan rileks di depan dada.
Baca Juga:  Dalam olahraga renang sering terjadi kecelakan yang memerlukan pertolongan yang cepat dan tepat. teknik pertolongan yang menggabungkan antara pernapasan buatan dengan penekanan dada disebut

 

Sumber: journal.uny.ac.id