Jelaskan cara melakukan tendangan dalam pencak silat

Jelaskan cara melakukan tendangan dalam pencak silat

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal jelaskan cara melakukan tendangan dalam pencak silat

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Jelaskan cara melakukan tendangan dalam pencak silat

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Cara Melakukan Tendangan Dalam Pencak Silat

  1. Tendangan Lurus

Tendangan ini menargetkan bagian depan lawan dengan menggunakan ujung kaki. Oleh karena itu, tendangan lurus disebut juga tendangan depan. Tendangan dilakukan dengan kekuatan penuh dengan mengarah ke perut lawan.

Baca Juga:  Nuansa musik yang mengiringi gerak ritmik bersifat

 

Tendangan lurus dilakukan dengan posisi tubuh sejajar dan menghadap lawan. Kemudian satu kaki ditendang ke depan dan kaki sejajar dengan bahu. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

 

  1. Tendangan Sabit

Seperti namanya, tendangan ini membentuk lintasan seperti sabit. Nama lain dari tendangan ini adalah tendangan melingkar. Sasaran tendangan sabit adalah perut lawan.

 

Tendangan sabit dilakukan dengan sikap kaki kiri. Kemudian kaki kanan ditendang ke depan dengan menghentakkan punggung kaki. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

Baca Juga:  Arah kaki pada gerakan tendangan samping depan tengah termasuk

 

  1. Tendangan “T”.

Tendangan T membutuhkan kekuatan paha dan betis untuk tampil. Bagian kaki yang digunakan untuk menyerang adalah tumit dan telapak kaki.

 

Tendangan T adalah jenis tendangan dimana tubuh diposisikan menyamping. Ada variasi dalam melakukan T kick yaitu T hanging, T snap, dan T jumping. Sasaran tendangan T adalah seluruh tubuh lawan.

 

  1. Tendangan Jejag

Tendangan jejag disebut juga dengan tendangan gejos. Tendangan ini dilakukan dengan cara mengangkat lutut setinggi mungkin lalu mendorong kaki ke arah sasaran.

 

Tendangan jejag dilakukan dengan cara berdiri dengan satu kaki sebagai penopang. Kaki kemudian diangkat setinggi mungkin dengan lutut ditekuk. Selanjutnya, tendang kaki yang diangkat untuk menyerang lawan.

Baca Juga:  Zat karsinogenik yang terdapat di dalam rokok sehingga memicu timbulnya kanker adalah

 

  1. Tendangan Belakang

Tendangan ini dilakukan dengan menggunakan kaki dan kaki. Saat melakukan tendangan ke belakang, lintasannya harus lurus ke belakang badan dan membelakangi lawan.

 

Tendangan ini dapat dilakukan dengan atau tanpa melihat sasaran. Sasarannya, yaitu seluruh bagian tubuh.

 

Saat melakukan tendangan ke belakang, jurus jurus depan harus kuat. Lalu, melangkah dengan satu kaki, dan memutar badan 180 derajat. Tekuk tubuh Anda dan letakkan tangan Anda di lantai selebar bahu. Tendang kaki ke belakang dengan tumit atau telapak kaki dengan sasaran yang dituju.