Permainan bola volly diciptakan pada tahun 1895 dan diciptakan oleh Willam C. Morgan

Permainan bola volly diciptakan pada tahun

Permainan bola volly diciptakan pada tahun

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

 

Penyeleseian

Permainan bola volly diciptakan pada tahun 1895 dan diciptakan oleh Willam C. Morgan

 

Pembahasan

Permainan bola voli diciptakan oleh Willam C. Morgan, seorang direktur pendidikan jasmani organisasi Young Man Christian Assosiation (YMCA) pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Baca Juga:  Jelaskan yang dimaksud dengan pola makan sehat

 

YMCA adalah sebuah organisasi yang mengajarkan ajaran agama kepada para pemuda Kristen, yang didirikan pada tahun 1884 di London, oleh George William.

 

Willian C. Morgan pada awalnya menciptakan sebuah permainan bernama mintonette. Mintonette adalah permainan yang diadopsi dari berbagai macam olahraga (bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan). Mintonette diciptakan Morgan, setelah ia bertemu dengan pencipta permainan bola basket yaitu, James Naismith.

Baca Juga:  Alat penyajian tradisional yang umum digunakan adalah

 

Mintonette didemontrasikan dalam pertandingan International YMCA Training School pada tahun 1896. Setelah melihat pertandingan tersebut, Alfers T Hastel mengubah nama permainan Mintonette menjadi Volleyball (bola voli). Sesuai dengan namanya (volley), dimana dalam permainan ini, bola akan dipukul dan harus tetap melambung ke atas tidak menyentuh tanah.

 

Tahun 1922, YMC mengadakan kompetisi nasional bola voli di Amerika Serikat, setalah itu pada saat perang dunia ke 2, permainan bola voli kian populer di wilayah Eropa, Asia bahkan seluruh dunia hingga saat ini. International Volley Ball Federation (IVBF) didirikan pada tahun 1948.

Baca Juga:  Sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah