Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama perbedaannya antara lain

Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama perbedaannya antara lain

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan referensi jawaban soal sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama perbedaannya antara lain

 

Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan soal diatas bisa kamu simak dibawah ini

 

Soal

Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama perbedaannya antara lain

A. Sel tumbuhan memiliki kloroplas, sel hewan tidak

B. Sel tumbuhan tidak memiliki kloroplas, sel hewan punya

C. Sel hewan mengandung selulosa, sel tumbuhan tidak

D. Sel hewan tidak memiliki sel membran inti, sel tumbuhan punya.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama perbedaannya antara lain Sel tumbuhan memiliki kloroplas, sel hewan tidak (jawaban A)

Baca Juga:  Ciri-ciri pernapasan dada ketika inspirasi dan ekspirasi adalah

 

Pembahasan

Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama. Sel hewan adalah unit fungsional dasar yang membentuk tubuh hewan. Sel tumbuhan adalah unit fungsional dasar yang membangun tubuh tumbuhan.

 

Perbedaan Sel Tumbuhan Dan Sel Tumbuhan

  • Ukuran

Sel tumbuhan berukuran lebih besar daripada sel hewan. Dilansir dari Microbe Notes, ukuran sel tumbuhan berkisar antara 10 um hingga 100 um, sedangkan sel hewan memiliki ukuran sel mulai dari 10 um hingga 30 um.

 

  • Adanya dinding sel

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terdiri dari membran sel dan juga selulosa yang bersifat kaku.

 

Sehingga sel tumbuhan memiliki bentuk yang kaku seperti kubus atau persegi panjang dan cenderung tidak berubah. Sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel, mereka hanya memiliki membran sel. Berbeda dengan dinding sel yang keras dan kaku, membran sel tipis dan elastis. Sehingga sel hewan cenderung berbentuk bulat hingga tidak beraturan, mengikuti kandungan organel di dalamnya.

Baca Juga:  Salah satu organ pernapasan yang berfungsi sebagai alat penyaring dan penghangat yaitu

 

  • Perbedaan ukuran vakuola

Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki vakuola, yang membedakan hanyalah ukurannya. Sel tumbuhan memiliki satu vakuola besar (menempati 90 persen volume sel), sedangkan sel hewan memiliki banyak vakuola kecil.

 

  • Keberadaan lisosom

Sel hewan memiliki lisosom yang mengandung enzim pencernaan untuk memecah makromolekul makanan serta enzim hidrolitik yang membunuh bakteri dalam tubuh hewan. Sedangkan sel tumbuhan seringkali tidak memiliki lisosom, hal ini dikarenakan pemecahan degradasi molekuler telah ditangani oleh aparatus Golgi.

 

  • Keberadaan kloroplas

Sel tumbuhan dan hewan memiliki mitokondria, tetapi hanya sel tumbuhan yang memiliki kloroplas. Dilansir dari Lumen Learning, kloroplas merupakan organel sel yang mengandung klorofil yang dapat menangkap energi sinar matahari untuk proses fotosintesis. Adanya kloroplaslah yang membuat tumbuhan dapat berfotosintesis, sedangkan hewan tidak.

 

  • Keberadaan plastida

Sel hewan tidak memiliki plastida, sedangkan sel tumbuhan memiliki plastida. Plastida pada sel hewan berfungsi untuk membantu fotosintesis dan memberikan warna (pigmen) pada tumbuhan.

Baca Juga:  Jelaskan alasan kaki bebek tersebut dapat mempermudah gerak di permukaan berlumpur

 

  • Keberadaan sentriol

Sel hewan memiliki organel sentriol yang membantu proses pembelahan sel dalam proses replikasi DNA. Sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki organel sentriol di dalamnya. Hal ini terjadi karena sistematika sitokinesis pada pembelahan sel hewan dan tumbuhan berbeda.

 

  • Keberadaan silia

Cilia adalah organel yang bertanggung jawab untuk pergerakan sel. Sel hewan memiliki silia karena tubuhnya banyak bergerak. Namun, sel tumbuhan cenderung stabil dan tidak bergerak, sehingga silia tidak ditemukan sebagai organel.

 

  • Keberadaan plasmodemata

Sel hewan tidak memiliki plasmodemata, sedangkan sel tumbuhan memilikinya. Dilansir dari Molecular Expressions, fungsi plasmodemata pada sel tumbuhan adalah sebagai jembatan hidup yang menghubungkan sitoplasma sel tumbuhan dan memungkinkan terjadinya komunikasi antar sel.

 

  • Kemampuan sintesis

Dilansir dari Thought Co, sel tumbuhan dapat mensintesis semua jenis asam amino (20 jenis) sedangkan sel hewan hanya mampu mensintesis 10 jenis asam amino. Sel hewan juga tidak dapat mensintesis vitamin dan koenzim, sedangkan sel tumbuhan mampu melakukannya.