Wilayah yang memiliki keunggulan produk tertentu menimbulkan

Wilayah yang memiliki keunggulan produk tertentu menimbulkan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal wilayah yang memiliki keunggulan produk tertentu menimbulkan

 

Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan jawabannya bisa disimak di bawah ini

 

Soal

Wilayah yang memiliki keunggulan produk tertentu menimbulkan

A. kelangkaan

B. penawaran

C. permintaan

D. penghematan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Wilayah yang memiliki keunggulan produk tertentu menimbulkan permintaan (jawaban C)

 

Pembahasan

Daerah yang memiliki keunggulan atas produk tertentu menghasilkan banyak permintaan. Permintaan adalah jumlah produk ekonomi yang bersedia dibeli pembeli pada harga, waktu, atau pasar tertentu.

Baca Juga:  Pencantuman nomor akun dibawah kolom jumlah pada jurnal pembelian menunjukkan bahwa

 

Suatu daerah dapat dikatakan unggul jika memiliki atau menyimpan sumber daya tertentu yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Karena daerah lain tidak memiliki sumber daya tersebut, maka akan banyak permintaan dari luar daerah.

 

Hal ini tentunya dapat memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif bagi daerah yang memiliki keunggulan sumber daya.

Baca Juga:  Indikator yang paling sempurna untuk mengukur prestasi perekonomian suatu negara

 

Pengertian Permintaan

Permintaan adalah kondisi ketika ada sejumlah pihak yang ingin memperoleh sumber daya pada tingkat harga dan jumlah tertentu.

 

Permintaan juga dapat diartikan sebagai proses permintaan sejumlah barang yang berhubungan dengan keinginan konsumen akan suatu barang atau jasa yang harus dipenuhi. Selain itu, kecenderungan konsumen untuk menuntut barang dan jasa juga tidak terbatas.

 

Permintaan dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin dan mampu membeli produk tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Umumnya permintaan yang tinggi akan mempengaruhi harga.

Baca Juga:  Mengapa kita harus memperhatikan pesaing bisnis kita dalam menentukan harga

 

Hukum Permintaan

Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan adanya korelasi negatif antara jumlah barang yang diminta dan tingkat harga.

 

Dalam buku Get Succes Persiapan Ujian Nasional SMA/MA karya Mardiah (2008) dijelaskan bahwa jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan berkurang. Sedangkan jika harga barang rendah, maka jumlah barang yang diminta akan meningkat.

 

Pada dasarnya hukum permintaan tidak mutlak, tetapi dapat dikatakan mutlak bila ceteris paribus.