Peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh Kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan budaya yang melimpah

Peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh

A. Kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan budaya yang melimpah

B. Letak wilayah yang strategis sebagai jalur utama perdagangan internasional

Baca Juga:  Seberapa besar peranan bumn dalam perekonomian Indonesia

C. Adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

D. Kemampuan melakukan efisiensi produksi sehingga memiliki daya saing tinggi

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh Kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan budaya yang melimpah (jawaban A).

 

Pembahasan

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Beberapa hal yang mendorong perdagangan internasional adalah :

  1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, termasuk kayu, minyak, batu bara, timah dan karet, namun belum memiliki kapasitas pengolahan yang memadai. Hal ini mendorong Indonesia mengekspor raw material/bahan mentah ke negara lain untuk diolah.

Baca Juga:  Rumus menghitung harga pokok produksi adalah

 

  1. Menghemat Biaya Produksi

Bagi negara yang belum memiliki pengetahuan dan teknologi untuk membuat produknya sendiri seperti mobil dan handphone, biaya pembuatannya akan jauh lebih mahal dibandingkan jika negara tersebut membelinya dari negara lain. Oleh karena itu, pembelian produk seperti mobil dan handphone dari negara produsen dapat menghemat biaya produksi.

Baca Juga:  Kriteria pengukuraan pembangunan ekonomi yang menggambarkan kemampuan penduduk untuk mengonsumsi barang atau jasa adalah

 

  1. Memenuhi Kebutuhan Nasional

Ada kalanya suatu negara tidak mampu memenuhi semua barang dan jasa yang menjadi kebutuhan penduduknya, sehingga negara tersebut perlu mengimpor barang dan jasa tersebut dari luar negeri untuk memenuhinya. Dengan demikian kebutuhan produk dapat terpenuhi.

 

  1. Perbedaan Penguasaan Teknologi

Penguasaan teknologi yang tidak merata antar negara menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Negara dengan teknologi maju mampu menjual barang dengan harga murah ke negara dengan teknologi rendah. Misalnya, Indonesia mengimpor mobil dari Jepang karena Jepang memiliki teknologi canggih untuk memproduksi mobil.