Bagaimana menghitung kalori harian yang diperlukan

Bagaimana menghitung kalori harian yang diperlukan

Dalam artikel ini akan memberikan kunci jawaban soal bagaimana menghitung kalori harian yang diperlukan

 

Cara menghitung kebutuhan kalori ternyata sangat berguna untuk menambah, menurunkan, atau menjaga berat badan. Karena untuk memodifikasi berat badan, mengatur asupan kalori adalah kuncinya. Namun ada baiknya tetap diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti olahraga, tidur yang cukup, dan menghindari stress

 

Soal

Bagaimana menghitung kalori harian yang diperlukan?

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Cara menghitung kebutuhan kalori bisa didapatkan dengan memperhatikan BMR seseorang dan tingkat aktivitas hariannya. Nah, rumus yang paling banyak digunakan para ahli gizi untuk menghitung BMR adalah rumus Harris-Benedict. Metode ini dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan. Berikut rumusnya:

  • Untuk laki-laki: (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) – (5,68 x usia dalam tahun)
  • Untuk wanita: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) – (4,33 x usia dalam tahun)
Baca Juga:  Crossing over terjadi pada tahap

 

Hasil perhitungan BMR ini kemudian dikalikan dengan angka rata-rata aktivitas harian. Ini dapat berkisar dari 1,2–1,9 tergantung pada seberapa tinggi aktivitas harian seseorang. Semakin jarang seseorang melakukan aktivitas fisik, semakin rendah tingkat aktivitas hariannya.

 

Contoh Soal Menghitung kalori yang dibutuhkan

Seorang wanita pekerja kantoran berusia 25 tahun dengan berat badan 55 kg, tinggi 160 cm dengan tingkat aktivitas harian tergolong rendah karena rata-rata pekerjaan hariannya dilakukan sambil duduk duduk saja. Maka, BMR wanita ini adalah:

Baca Juga:  Peristiwa yang tidak terjadi pada proses pembekuan darah luka adalah

 

(447,6 + 9,25 x 55 ) + (3,10 x 160) – (4,33 x 25) 970,1 + 496 + 108.25

 

Karena wanita  ini termasuk jarang berolahraga dan tidak aktif, angka aktivitas hariannya berada di angka 1,2. Artinya, untuk menjaga tubuh tetap agar tetap bekerja dengan baik, jumlah kebutuhan kalori per hari pria adalah 1.574,35 x 1,2 = 1889,22 kkal.