Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

Dalam artikel ini akan membahas materi dan kunci jawaban soal dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es IPA Kelas 7 SMP.

 

AC dan lemari es adalah alat elektronik yang mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia.

 

Namun, kamu tahu tidak kalau kedua alat elektronik tersebut mempunyai dampak negative bagi lingkungan? Simak pembahasan di bawah ini.

 

Soal

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es menyebabkan efek rumah kaca karena keduanya mengandung zat CFC atau chlorofluorocarbon.

Baca Juga:  Bagaimana menghitung kalori harian yang diperlukan

 

Pembahasan

Pengertian Efek Rumah Kaca?

Efek rumah kaca atau EFK adalah fenomena di mana atmosfer menghangatkan planet. Efek rumah kaca pertama kali ditemukan oleh Joseph Fourier pada tahun 1824.

 

Efek rumah kaca dimulai ketika sinar matahari mencapai permukaan bumi dan menghangatkan bumi. Kemudian cahaya tersebut dipantulkan kembali ke angkasa.

 

Namun, sejumlah besar karbon dioksida, CFC, metana, dan oksida nitrat mencegah gelombang panas keluar dari atmosfer. Sehingga panas matahari terperangkap di atmosfer bumi.

 

Sebagian besar penyebab pemanasan global adalah ulah manusia, antara lain:

  • Penggunaan energi bahan bakar fosil.
  • pembuangan sampah.
  • Membakar sisa tanaman.
  • Limbah sektor peternakan.
  • Perubahan penggunaan lahan dan pembakaran hutan.
Baca Juga:  Diketahui suatu bakteri membelah menjadi tiga bagian setiap 14 menit. Jika banyak bakteri mula-mula adalah 25 dan membutuhkan waktu t menit untuk membelah menjadi 18.225. Jika suatu bakteri memeblah menjadi tiga bagian setiap 28 menit selama tt menit, maka banyaknya bakteri tersebut adalah

 

Apa itu gas klorofluorokarbon atau CFC?

CFC adalah gas yang tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan tidak reaktif.

 

CFC umumnya digunakan sebagai propelan dalam kaleng semprot (aerosol), pengembang busa polimer, dan untuk pendinginan.

 

Gas klorofluorokarbon yang naik ke atmosfer akan merusak lapisan ozon, meningkatkan intensitas paparan sinar UV bumi. Ini berbahaya karena sinarnya dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan mata dan merusak beberapa spesies tanaman.

 

Ozon sendiri merupakan hasil interaksi antara radiasi ultraviolet dari matahari dan atom oksigen di stratosfer. Gas berwarna biru pucat ini mencoba melindungi Bumi dari panas matahari. Tujuannya agar panas yang dipantulkan Bumi dapat dilepaskan ke luar angkasa dan menyaring radiasi ultraviolet.

Baca Juga:  Proses inspirasi pada pernapasan dada diawali dengan

 

Tanpa ozon, Bumi akan seperti Mars yang suhunya akan membeku hingga minus 60 derajat Celcius. Atau mungkin sangat panas seperti Venus, dengan suhu 480 derajat Celcius.

 

Apa efek dari gas klorofluorokarbon atau CFC?

Gas klorofluorokarbon yang naik ke atmosfer akan merusak lapisan ozon, meningkatkan intensitas paparan sinar UV Bumi.

 

Ini akan sangat berbahaya. Pasalnya, sinar tersebut dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan mata dan merusak beberapa spesies tumbuhan.