Fungsi Pendidikan Akan Berjalan Sesuai Dengan Apa Yang Dicita-Citakan Oleh Ki Hadjar Dewantara Jika Kita Sebagai Pendidik Memiliki Beberapa Pemahaman Di Bawah Ini

Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh ki hadjar dewantara jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini,

Kunci jawaban soal fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh ki hadjar dewantara jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini,

 

Soal tersebut ada di dalam post test modul 5 dalam Pelatihan Mandiri, tentang Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan.

 

Alternatif jawaban berikut ini tidak bersifat mutlak, sehingga Bapak dan Ibu guru bisa mengeksplorasi jawaban lainnya.

 

Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara, jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini, kecuali?

Baca Juga:  Landasan Praktis Pembelajaran Terpadu

A. Setiap murid memiliki kodrat.

B. Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan.

C. Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia.

D. Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid (Jawaban D)

 

Pembahasan

Ketika orang tua menyekolahkan anaknya, mereka sangat berharap agar anaknya dapat memperoleh berbagai ilmu dari guru atau sekolah.

 

Mereka beranggapan bahwa sekolah adalah pihak yang bertanggung jawab penuh atas pendidikan anaknya. Oleh karena itu, ketika seorang anak tidak mampu mencapai seperti yang diharapkan, kesalahan akan dilimpahkan kepada sekolah.

Baca Juga:  Hubungan antar komponen pembelajaran membentuk pola

 

Begitu pula sebaliknya, ketika anak berprestasi, orang tua akan mengklaim bahwa anak tersebut sudah mempunyai gen cerdas dari orang tuanya.

 

Ki Hadjar Dewantara mengatakan bahwa fungsi pendidikan adalah mengantarkan peserta didik agar selamat dan bahagia. Untuk mewujudkannya, seorang pendidik tidak hanya menyampaikan ilmu atau informasi saja.

 

Namun, juga menyampaikan berbagai pengertian tentang fungsi bahan ini bagi kehidupan. Karena di masa depan, semua siswa akan berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat di mana mereka berada.

Baca Juga:  Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik

 

Bila fungsi tersebut dapat diwujudkan, berarti fungsi pendidikan berjalan berdasarkan cita-cita Ki Hadjar Dewantara. Beberapa hal yang perlu dipahami oleh pendidik antara lain:

  • Memahami bahwa setiap siswa memiliki potensi atau kodrat kekuatan berbeda-beda.
  • Pendidikan sekedar sebuah tuntunan.
  • Pendidik tidak memiliki kehendak atas potensi maupun kodrat kekuatan dari para siswa.
  • Mendidik artinya menuntun siswa agar selamat dan bahagia.
  • Pendidik bisa memberikan upaya yang maksimal dalam mengembangkan akal serta budi pekerti para siswa.
  • Seorang pendidik wajib membantu untuk mengantarkan siswa supaya merdeka atas dirinya.