Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif

Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif

Ada satu pertanyaan penting yang harus Anda pikirkan baik-baik, yaitu mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif.

 

Pertanyaan ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar juga sangat penting untuk mendukung pembelajaran. Nah, tahukah Anda mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif.

 

DAFTAR ISI

Jawaban

Budaya sendiri merupakan kebiasaan atau hal yang biasa dilakukan di suatu tempat, termasuk sekolah.

 

Dalam menciptakan budaya mengajar yang baik, budaya positif di sekolah tidak berdiri sendiri. Karena itu dibutuhkan sinergi antara seluruh pemangku kepentingan di sekolah dalam kebiasaan-kebiasaan positif yang diterapkan.

Baca Juga:  Instrumen Afektif Dalam Mengukur Tingkat Afektif Siswa Dalam Proses Pembelajaran

 

Pembiasaan positif yang akan membudaya dan mengakar. Sehingga budaya tersebut dapat menjadi kekuatan untuk menerapkan disiplin sekolah yang positif. Mengapa disiplin positif, karena semua aturan yang diterapkan bertujuan untuk melahirkan disiplin mental berdasarkan kesadaran individu.

 

Budaya positif lahir karena semua pemangku kepentingan menyadari pentingnya mematuhi suatu aturan. Taat bukan karena ada konsekuensi di balik itu semua, tapi pembiasaan dimulai dari dalam. Dimulai dari diri sendiri yang merupakan ciri motivasi intrinsik dimana akan terbentuk karakter disiplin yang kuat.

 

Penerapan budaya positif di sekolah seperti menciptakan kebersihan sekolah sangatlah penting, karena pada dasarnya setiap orang mengharapkan dapat hidup nyaman di lingkungan yang bersih khususnya lingkungan sekolah, sehingga tempat tinggal atau tempat belajar sehari-hari dapat menciptakan udara yang sehat bagi lingkungan sekolah. kebutuhan tubuh. kita.

Baca Juga:  Dalam pembelajaran fisika b cara menyusun alur tujuan pembelajaran

 

Namun, kondisi dan kebutuhan alam, serta memudarnya rasa kepedulian warga sekolah terhadapnya, tampaknya sulit dicapai saat ini. Salah satu yang kini menjadi masalah di tengah masyarakat terkait kenyamanan lingkungan adalah sampah.

 

Bagaimana kita sebagai warga sekolah dapat menciptakan sekolah yang bersih dan indah? ini adalah pertanyaan penting tentang budaya sekolah yang positif. Membersihkan lingkungan sekolah dapat diwujudkan dengan berbagai kegiatan antara lain: 1) Jum’at bersih, piket bersih setiap hari (pagi dan sore), piket bersih kelas pada awal dan akhir pembelajaran dan piket bersih asrama pada pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Berikut ini adalah elemen yang ada dalam naskah capaian pembelajaran, kecuali?

 

Adapun tujuan budaya positif ini yakni:

  1. Menumbuhkan rasa peduli lingkungan siswa
  2. Menumbuhkan pengetahuan siswa mengenai dampak dan manfaat dari sampah
  3. Menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.

 

Itulah tadi informasi dan jawaban mengenai pertanyaan mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif yang pasti sedang kamu cari.