Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan atp yaitu

Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan atp yaitu

Dalam Post Test Modul 1 ada pertanyaan metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu

 

ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran merupakan kurikulum mandiri yang harus dilaksanakan oleh setiap sekolah untuk meningkatkan standar kinerja.

 

Kurikulum atau silabus Merdeka merupakan silabus baru yang akan menggantikan silabus yang digunakan selama ini, yaitu silabus tahun 2013.

 

Pertanyaan

Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu

Baca Juga:  Contoh penerapan asesmen dalam kurikulum merdeka yang tepat adalah

A. Pengurutan deduktif.

B. Pengurutan hierarki.

C. Pengurutan prosedural.

D. Scaffolding.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu Scaffolding (Jawaban D).

 

Pembahasan

Fungsi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sebenarnya sama dengan silabus. Dimana terdapat rencana dan pengaturan pembelajaran serta penilaian yang berlaku selama satu tahun.

Baca Juga:  Kompetensi dan lingkup materi pada tujuan pembelajaran didapat dari hasil Analisa

 

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Dalam menyusun ATP, ada beberapa prinsip penting yang harus mendapat perhatian, yaitu:

  1. Tujuan pembelajaran merupakan tujuan akhir secara umum, bukan pembelajaran harian.
  2. Pada setiap fase, ATP harus tuntas.
  3. ATP harus dikembangkan secara kolaboratif, khususnya antar sesama guru dalam fase yang sama. Namun tidak perlu lintas fase.
  4. Juga dikembangkan sesuai kompetensi dan karakteristik setiap pelajaran oleh guru yang mahir dalam pelajaran tersebut.
  5. Berfokus pada Capaian pembelajaran.
Baca Juga:  Salah Satu Cara Melibatkan Murid Secara Aktif Dalam Asesmen Adalah Dengan Mengajak Murid Untuk

 

Sebenarnya guru dapat merancang sendiri ATP berdasarkan Hasil Belajar, kemudian melakukan pengembangan dan modifikasi dari contoh-contoh yang ada. Tetapi Anda juga dapat menggunakan contoh yang diberikan oleh Pemerintah.

 

Asalkan tujuan pembelajaran harus disusun secara sistematis dan logis secara berurutan. Berurutan dari tahap awal hingga akhir dan merupakan pengembangan dari tahap sebelumnya.