Acuan Kompetensi Dalam Perencanaan Pembelajaran Paradigma Baru

Acuan kompetensi dalam perencanaan pembelajaran paradigma baru

Artikel ini akan mengulas acuan kompetensi dalam perencanaan pembelajaran paradigma baru yang sedang digerakkan saat ini.

 

Istilah pembelajaran paradigma baru mengacu pada kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia.

 

Pertanyaan

Apa yang menjadi acuan kompetensi dalam perencanaan pembelajaran paradigma baru?

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Acuan kompetensi dalam kurikulum paradigma baru ini adalah pencapaian pemahaman, keterampilan, dan sikap untuk membentuk kompetensi yang utuh pada siswa.

Baca Juga:  Sebutkan jenis identitas individu dan identitas kelompok selain yang sudah dicontohkan dalam materi pembelajaran

 

Dalam kurikulum merdeka ini, acuan kompetensi tidak lagi disebut Kompetensi Inti (KI) atau Kompetensi Dasar (KD) pada Kurikulum 2013.

 

Kompetensi yang ingin dicapai dalam kurikulum paradigma baru ini adalah hasil belajar (CP) dalam suatu kegiatan pembelajaran.

 

Pembahasan

Proses peningkatan kualitas peserta didik masih dilihat berdasarkan kompetensi atau kemampuannya. Ini berarti mempertahankan salah satu hal baik dalam kurikulum 2013 untuk diterapkan pada paradigma pembelajaran baru atau kurikulum merdeka.

Baca Juga:  Pendapat yang keliru tentang merdeka belajar adalah

 

Namun, ada sedikit perbedaan dalam konsep kompetensi ini. Dalam kurikulum 2013 dikenal kompetensi inti dan kompetensi dasar sebagai acuan kompetensi yang harus dicapai siswa.

 

Kompetensi inti adalah penjabaran isi pembelajaran, mata pelajaran, hingga program studi sehingga memenuhi standar kompetensi sekolah.

 

Sedangkan kompetensi dasar adalah kemampuan yang harus dicapai siswa sebagai upaya pemenuhan tujuan kompetensi inti.

Baca Juga:  Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah

 

Sedangkan untuk kurikulum merdeka ini, kompetensi inti dan kompetensi dasar diganti dengan istilah hasil belajar siswa.

 

Capaian pembelajaran ini meliputi rangkaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dipandang sebagai satu kesatuan untuk membentuk kompetensi yang utuh pada diri siswa.