Kompetensi dan lingkup materi pada tujuan pembelajaran didapat dari hasil Analisa

Kompetensi dan lingkup materi pada tujuan pembelajaran didapat dari hasil Analisa

Kunci jawaban soal kompetensi dan lingkup materi pada tujuan pembelajaran didapat dari hasil analisa

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Merujuk pada materi Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka, maka diketahui Kompetensi dan lingkup materi pada tujuan pembelajaran didapat dari hasil Analisa capaian pembelajaran.

 

Pembahasan

Bapak/Ibu guru tentunya penting untuk memahami tentang materi ini, mengingat Tujuan Pembelajaran itu sendiri adalah hal yang utama.

 

Terutama dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, yang mampu menjadi pedoman yang menuju ke tingkat keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Baca Juga:  Berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?

 

Tahapan Pengembangan Tujuan Pembelajaran yang Harus Dipahami Guru

Sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang implementasi Kurikulum Mandiri di sekolah, ada 6 tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan Tujuan Pembelajaran.

 

Masing-masing tahapan tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga tidak dapat diabaikan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Enam tahapan dimaksud dimulai dari analisis dimensi Profil Mahasiswa Pancasila hingga penentuan jam, dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Analisis Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Hal pertama yang harus dilakukan guru adalah melakukan analisis terhadap dimensi Profil Siswa Pancasila. Terutama dengan mempertimbangkan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran yang akan diperoleh secara bertahap.

Baca Juga:  Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah

 

  1. Analisis Capaian Pembelajaran

Setelah menganalisis dimensi Profil Siswa Pancasila, guru juga harus melakukan analisis Hasil Belajar. Analisis ini berisi isi materi, kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

 

  1. Menentukan Materi dan Konten Inti

Jika sudah diperoleh hasil analisis Hasil Belajar, barulah guru dapat menentukan materi pokok yang akan diberikan. Selain itu juga dapat menentukan isi yang dijadikan sebagai inti kegiatan pembelajaran.

 

  1. Menetapkan Tujuan Pembelajaran

Setelah Anda memilih materi dan konten inti, selanjutnya Anda dapat menentukan Tujuan Pembelajaran atau TP. Ini harus ditentukan dari rendah ke tinggi, terutama untuk fase di mana ada 2 kelas.

Baca Juga:  Acuan kompetensi dalam perencanaan pembelajaran paradigma baru

 

  1. Melakukan Perumusan Tujuan Pembelajaran

Selanjutnya guru dapat langsung merumuskan Tujuan Pembelajaran yang mengandung kompetensi, isi, dan makna dalam pembelajaran. Kompetensi ini sendiri memuat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang relevan.

 

  1. Memastikan Jam Pelajaran

Terakhir, setelah semua tahapan di atas selesai, guru perlu memperkirakan jam pelajaran. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai secara bertahap.