Persoalan yang muncul di dalam gaya-gaya kreasi musik dan musik kreasi baru biasanya disebut musik

Persoalan yang muncul di dalam gaya-gaya kreasi musik dan musik kreasi baru biasanya disebut musik

Pertanyaan

Persoalan yang muncul di dalam gaya-gaya kreasi musik dan musik kreasi baru biasanya disebut musik

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Persoalan yang muncul di dalam gaya-gaya kreasi musik dan musik kreasi baru biasanya disebut musik kontemporer

 

Pembahasan

Pengertian Musik Kreasi

Musik adalah suatu hasil karya seni melalui media bunyi atau suara dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik (Tim Kemdikbud, 2018, hlm. 82). Unsur musik terdiri dari irama, melodi, harmoni, bentuk/struktur, dan ekspresi sebagai satu kesatuan yang utuh.

Baca Juga:  Sebutkan 5 teknik menggambar model dengan baik dan benar

 

Pengertian Seni Kontemporer Menurut Beberapa Ahli

Menurut Mack Dieter dalam buku berjudul Musik Kontemporer & Persoalan Interkultural (2001), pengertian musik kontemporer adalah konsep musik yang benar-benar baru menggunakan beragam sumber bunyi sebagai edia ekspresi kreatif.

 

Menurut Edi Sedyawati dalam buku berjudul Pertumbuhan Seni Pertunjukkan (1981), seni kontemporer adalah seni yang menunjukkan daya cipta yang hidup sesuai dengan kondisi kreatif dari masa terakhir.

 

Menurut Gedon Humardan dalam buku Gamelan Kontemporer di Surakarta: Pembentukan dan Perkembangannya (1970-1990) (1991) karya Rustopo, kontemporer adalah suatu sikap berkesenian yang sejalan dengan konsep seni modern yang berorientasi pada masalah-masalah kehidupan masa kini.

Baca Juga:  Sebutkan 3 ciri khas lagu dangdut

 

Unsur-Unsur Musik Kontemporer

Berikut ini unsur-unsur musik kontemporer yang terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Warna nada (tone color)

Dalam musik kontemporer, ada sedikit penekanan pada campuran suara. Selain itu, ritme juga memainkan peran utama. Warna not-not musik yang dimainkan secara individual akan terdengar jelas dalam musik ini.

 

  • harmoni

Dalam musik kontemporer, istilah “polychord” dikenal, karena dua akord terdengar secara bersamaan. Harmoni musik kontemporer menggunakan empat senar.

 

Selain itu, musik kontemporer menggunakan kombinasi nada yang dihasilkan oleh suara piano. Dalam musik kontemporer dikenal istilah polifoni, yaitu penggunaan dua akord atau lebih secara bersamaan.

Baca Juga:  Benda-benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan

 

  • Irama

Irama adalah salah satu elemen yang paling mencolok dalam musik kontemporer. Sebagian besar irama yang digunakan adalah irama yang membangkitkan semangat, dorongan dan kegembiraan.

 

Selain itu, ada kombinasi serangan yang tidak teratur. Dalam ritme musik kontemporer, dikenal istilah polyrthm, yang merupakan penggunaan dua ritme yang kontras pada saat yang bersamaan.

 

  • Melodi

Melodi adalah nada tinggi, rendah, dan pendek dalam musik. Melodi dalam musik kontemporer dikenal memiliki jangkauan yang sangat luas atau besar dan menggunakan 12 nada nada tanpa nada tengah.