jelaskan macam-macam tema dalam seni lukis

Jelaskan macam-macam tema dalam seni lukis

Jelaskan macam-macam tema dalam seni lukis

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Tema Seni Lukis

Tema adalah sebuah ide gagasan yang terdapat dalam sebuah karya seni rupa baik dua maupun tiga dimensi. Memahani tema pada sebuah karya berarti kita dapat memahami tujuan penciptaan karya seni tersebut.

Baca Juga:  Latihan guling lenting bagian tubuh yang di lentingkan adalah

 

Macam-macam Tema Seni Lukis

  1. Manusia dengan dirinya sendiri

Seni rupa juga dapat digunakan untuk menuangkan gagasan atau ide menggunakan potret diri sendiri sebagai objek lukisan dalam mengungkapkan cita keindahan, dan ekspresi.

 

  1. Manusia dengan manusia lain

Perupa juga dapat mengekspresikan objek orang-orang yang ada di sekitarnya. Seperti orang tua, anak – anak, saudara, teman, atau orang yang ada didalam pikirannya.

Baca Juga:  Arah pandangan mata saat awal melakukan servis forehand pada permainan tenis meja adalah

 

  1. Manusia dengan alam sekitar

Alam sekitar yang sangat menarik sering digunakan oleh para pelukis dalam objek lukisannya. Seperti pemandangan gunung, sungai, perkotaan, hutan, dan objek alam lain.

 

  1. Manusia dengan alam benda

Benda – benda disekitar kita memiliki keunikan tersendiri. Ada yang berbentuk silindris, kubistis, organis atau bentuk bebas.

 

  1. Manusia dengan aktivitasnya

Kegiatan sehari – hari juga menarik untuk diabadikan dalam sebuah lukisan dengan komposisi dan proporsi yang tepat. Aktivitas manusia seperti menari, membajak sawah, berburu, dll.

Baca Juga:  Jelaskan cara melakukan vertical jump yang benar

 

  1. Manusia dengan alam khayal

Imajinasi atau khayalan sering melintas dalam pikiran kita baik secara sadar maupun tidak sadar ( mimpi ). Hal ini tak jarang diwujudkan pelukis dalam lukisannya yang disebut aliran surealisme.