Jelaskan teknik anyam dan teknik grafir dalam pembuatan kerajinan bahan keras alam

Jelaskan teknik anyam dan teknik grafir dalam pembuatan kerajinan bahan keras alam

Jelaskan teknik anyam dan teknik grafir dalam pembuatan kerajinan bahan keras alam

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN\

 

Jawaban

Teknik pembuatan kerajinan bahan keras seperti teknik anyam, Teknik pahat atau grafir, Teknik las, Teknik ukir, Teknik ukir tekan

 

Penjelasan

  • Teknik Ukir atau grafir

Teknik kerajinan bahan keras yang pertama adalah teknik ukir, teknik ini dilakukan dengan cara menggoreskan, memahat, mencungkil bagian dari bahan dasar tersebut hingga membentuk pola yang diinginkan. Teknik ini cocok diterapkan pada bahan keras, seperti kayu dan batu.

Baca Juga:  Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

 

  • Teknik Ukir Tekan

Teknik yang kedua ini cocok diterapkan utuk kerajinan dengan bahan keras seperti logam dan tembaga. Seorang pengerajin diharuskan untuk dapat menggunakan sebuah alat khusus yang diaplikasikan di atas permukaan sebuah plat dengna cara ditekan.

 

  • Teknik Anyam

Teknik selanjutnya menjadi teknik yang paling familiar dalam membuat kerajinan tangan. Teknik ini menggabungkan bahan-bahan dengan cara disilang teknik ini dapat diaplikasikan pada kerajinan dengan bahan dasar bambu dan rotan.

Baca Juga:  Banyak penduduk kota a setiap tahun meningkat sekitar 1% dari banyak penduduk sebelumnya. Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2009 penduduk dikota tersebut berbanyak 100.000 orang. Hitung banyak penduduk pada tahun 2010 dan tahun 2020

 

  • Teknik Pahat

Teknik kerajinan bahan keras yang terakhir adalah teknik pahat, teknik ini dilakukan dengan cara mengurangi atau membuang beberapa bagian pada bahan dasar untuk dibentuk menjadi sebuah pola. Umumnya teknik jenis ini menggunakan alat bantu seperti palu, pahatan, kikir untuk kemudian diaplikasikan pada kerajinan dengan bahan dasar kayu.

Baca Juga:  Seorang penyelam menyelam dengan kedalaman 3m. Massa jenis air 1.000 kg/m3, konstanta gravitasi pada tempat tersebut adalah 10 N/kg.besar tekanan hidrostatisnta adalah...... N/m3

 

  • Teknik las

Teknik yang digunakan untuk menyambungkan satu logam dengan yang lainnya. Caranya adalah dengan mencairkan sedikit bagian logam di ujung kemudian disambung dengan elektroda atau filler dengan logam lainnya.