Kapan kurva dikatakan simetris

Kapan kurva dikatakan simetris?

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Kurva dikatakan simetris apabila rata-rata nilai variabel sama dengan median dan sama dengan modus nilai data tersebut. Pada saat itu nilai rata-rata, median dan modus akan terletak pada satu titik dalam kurva distribusi frekuensi sehingga kurva distribusi frekuensi tersebut akan terbentuk simetris.

Baca Juga:  Tentukan selisih luas wilayah paling luas dan paling kecil

 

Pembahasan

Kurva frekuensi umumnya digunakan untuk mengetahui seperti apa distribusi frekuensi atau model populasi yang sedang diteliti. Suatu distribusi dikatakan simetris jika kurva frekuensinya dapat dilipat sepanjang garis vertikal sehingga setengah kurva menutupi setengah lainnya.

 

Contoh kurva simetris dapat dilihat pada foto terlampir. Pada gambar, dapat dilihat bahwa jika kurva A, B dan C dilipat, mereka akan menutupi setengah lainnya. Kurva A, B dan C itu sendiri adalah bentuk umum dari apa yang disebut distribusi normal. Ketiganya hanya berbeda dalam ketinggian atau kesetaraan bagian atas kurva. Distribusi normal ini memegang peranan penting dalam analisis statistik selanjutnya, karena banyak analisis yang mengharuskan data yang dikumpulkan harus mengikuti distribusi ini.

Baca Juga:  Dalam suatu gedung pertunjukkan disusun kursi dengan baris paling depan terdiri dari 12 kursi, baris kedua berisi 14 kursi, baris ketiga berisi 16 kursi, dan seterusnya selalu bertambah 2. Banyaknya kursi pada baris ke-20 adalah

Contoh Distribusi Normal (Contoh kurva simetris)

 

Gambar 8.2: dimana nilai rata-rata sama atau mendekati median dan modus. Kurvanya simetris dengan puncak distribusi ada dibagian tengah. Distribusi ini disebut dengan distribusi normal.

 

Sifat-sifat kurva normal (simetris) adalah sebagai berikut :

  • Nilai mean = median = modus
  • Mempunyai satu modus
  • Luas seluruh daerah dibawah kurva adalah 1 (Domainnya : -∞ < X < ∞)
  • Kurva simetris pada nilai μ (Luas daerah kanan = luas daerah kiri)
  • Semakin besar simpangan baku maka semakin lebar kurva
Baca Juga:  Diketahui pola bilangan 17, 14, 11, 8… suku ke-7 dari pola bilangan tersebut adalah

 

Ada dua alasan mengapa distribusi normal sering digunakan dalam analisa statistik, yaitu :

  1. Distribusi normal memiliki kemampuan yang dapat diterapkan pada banyak situasi, terutama untuk membuat kesimpulan dari sampel yang digunakan.
  2. Distribusi normal sangat baik digunakan dalam analisis tentang fenomena yang menggunakan data kontinu, seperti ukuran berat, tinggi rendahnya skor IQ, panjang, jumlah curah hujan, banyaknya botol dalam satu kerat dan lain sebagainya.