Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik shooting

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik shooting

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik shooting

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Teknik shooting atau menembak adalah usaha yang dilakukan pemain untuk memasukkan bola ke dalam keranjang lawan dengan tujuan memperoleh angka atau skor sebanyak-banyaknya.

 

Pembahasan

Teknik menembak dalam olahraga bolabasket merupakan salah satu teknik yang sangat penting, karena dengan perolehan angka yang didapat dari hasil tembakan yang akan menentukan kalah menangnya suatu tim.

Baca Juga:  Agar lebih cepat menjangkau korban di dalam air sebaiknya penolong berenang menggunakan gaya

 

Teknik Shooting Bola Basket

Menurut Akros Abidin (1999: 59) ada tujuh macam Teknik tembakan, yaitu:

  1. One hand set shoot (tembakan satu tangan),
  2. Free Throw shoot (tembakan bebas),
  3. Jump Shoot (tembakan sambil melompat),
  4. Three Point Shoot (tembakan tiga angka),
  5. Hook Shoot (tembakan mengkait),
  6. Lay Up shoot (tembakan dengan menggiring bola),
  7. Runner shoot (lay up yang di perpanjang).

 

Menurut Wissel (1994: 46) untuk dapat melakukan tembakan dengan baik, maka ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian khusus yaitu:

  1. Posisi tangan
Baca Juga:  Bahan makanan yang mengandung bahan pengawet sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan penyakit

Untuk menembakkan bola ke ring basket, tangan ditempatkan dibelakang bola, titik berat bola seimbang pada jari manis dan jari kelingking, tangan rileks dan jari-jari terentang secukupnya. Bola berada pada jari-jari dan bukan pada telapak tangan, Perkenaan terakhir pada saat pelepasan bola adalah jari telunjuk dan dijadikan kontrol arah bola. Berikut ini adalah gambar pegangan tangan saat hendak memegang bola.

 

  1. Pandangan

Pusatkan mata pada ring, pandangan ditujukan pada posisi muka lingkaran untuk semua jenis tembakan kecuali untuk tembakan pantulan (bank shoot).

Baca Juga:  Apa yang dimaksud dengan permainan bulu tangkis

 

  1. Keseimbangan

Menjaga keseimbangan akan memberikan tenaga dan kontrol irama tembakan. Posisi kaki adalah sebagai dasar keseimbangan dan menjaga kepala segaris kaki sebagai kontrol keseimbangan. Pada saat akan melakukan tembakan, tekuk kaki secukupnya untuk mendapat tenaga yang optimal. Berikut ini gambar tekukan kaki pada saat akan melakukan tambakan.

  1. Irama menembak

Gerakan menembak merupakan sinkronisasi antara kaki, pinggang, bahu, siku tembak, mata, kelenturan pergelangan dan jari tangan. Irama tembakan akan diperoleh dengan memperbanyak frekuensi tembakan pada saat latihan.