Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan cara membuat kesimpulan adalah Teknik analisis statistik inferensial

Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan cara membuat kesimpulan

Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan cara membuat kesimpulan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan cara membuat kesimpulan adalah Teknik analisis statistik inferensial

 

Pembahasan

Pengertian Analisis data

Analisis data adalah sebuah proses pengolahan data menjadi sebuah informasi baru sehingga akan lebih mudah dipahami dan menghasilkan informasi sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

 

Secara umum, tujuan analisis data adalah untuk menjelaskan suatu data agar lebih mudah dipahami, selanjutnya dibuat sebuah kesimpulan.

 

Suatu kesimpulan dari analisis data didapatkan dari sampel yang umumnya dibuat berdasarkan pengujian hipotesis atau dugaan.

 

Adapun sebelum melakukan analisis data, ada berbagai tahapan yang harus dilalui yaitu pengolahan data terlebih dahulu.

 

Tahapan tersebut antara lain: penyuntingan atau editing, kodifikasi atau coding pada daftar pertanyaan, tabulasi data. Setelah melakukan pengolahan data, maka dilakukan tahapan analisis data.

Baca Juga:  Berdasarkan isinya apakah fungsi teks prosedur itu

 

Tahap ini bertujuan untuk memeriksa data apa yang masih perlu dicari, hipotesis penelitian apa yang perlu diuji, pertanyaan apa yang perlu dijawab, metode apa yang harus digunakan untuk mendapatkan informasi baru, hingga kesalahan apa yang harus segera diperbaiki.

 

Analisis Data Kuantitatif

Analisis data kuantitatif merupakan jenis analisis yang dikaitkan dengan data angka atau numerik. Hal ini berarti sebuah analisis dilakukan dengan memakai model-model tertentu seperti model matematika, model ekonometrik, model statistik, dan lain sebagainya.

 

Kemudian, hasil dari analisis kuantitatif nantinya akan disajikan dalam bentuk angka-angka yang diinterpretasikan atau dijelaskan lewat sebuah uraian atau narasi. Dalam penelitian jenis ini sendiri, dapat diperoleh sebuah informasi dari hasil analisis data.

 

Dalam teknik analisis data kuantitatif dibagi kedalam dua macam antara lain: analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Baca Juga:  Apa saja unsur teks deskripsi yang baik

 

Analisis statistik deskriptif merupakan analisis pada data dengan cara menggambarkan ataupun mendeskripsikan data-data yang telah terkumpul dan diolah. Contohnya seperti penyajian data ke dalam bentuk diagram, tabel, modus, mean, distribusi frekuensi, persentase, dan lainnya.

 

Sedangkan analisis statistik inferensial Yakni salah satu teknik yang digunakan dalam menganalisis data dengan cara membuat sebuah kesimpulan secara umum. Yang menjadi ciri khas pada teknik analisis data yang satu ini adalah inferensial.

 

Hal ini berarti menggunakan rumus statistik tertentu. Selanjutnya hasil dari perhitungan yang dilakukan tersebut dijadikan sebagai dasar pembuatan generalisasi atau kesimpulan secara umum. Dalam hal tersebut berarti statistik inferensial dapat berguna dalam menggeneralisasikan hasil sebuah penelitian.

 

Tak heran apabila analisis statistik inferensial ini sangat bermanfaat untuk penelitian sampel.

 

Analisis Data Kualitatif

Analisis data kualitatif adalah analisis data yang diperoleh dengan proses sistematis. Proses tersebut yakni dengan cara mencari dan mengolah berbagai data yang bersumber dari hasil pengamatan lapangan, kajian dokumen, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan lainnya sehingga dapat menghasilkan sebuah laporan temuan penelitian.

Baca Juga:  Bahasa sandi yang dipakai dan digemari oleh kalangan remaja tertentu adalah pengertian dari Bahasa

 

Analisis data ini sendiri dapat dilakukan dengan cara mengorganisir data dalam sebuah kategori, melakukan sintesa, menjabarkan ke dalam unit-unit, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan mana yang akan dipelajari, kemudian membuat kesimpulannya yang mudah dipahami oleh setiap orang.

 

Menurut Miles, Huberman dan Saldana, analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu data condensation (kondensasi data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan data conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).

 

 

Sumber: dqlab.id