Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah Identitas karya, orientasi, tafsiran, analisis, evaluasi (Jawaban C)

Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah

Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah

A. Identitas karya, tafsiran, analisis, evaluasi

B. Identitas karya, orientasi, analisis, tafsiran, evaluasi

C. Identitas karya, orientasi, tafsiran, analisis, evaluasi

D. Identitas karya, orientasi, analisis, evaluasi, tafsiran

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah Identitas karya, orientasi, tafsiran, analisis, evaluasi (Jawaban C).

 

Penjelasan

Teks ulasan adalah teks yang berisi pembahasan suatu karya yang ditujukan untuk pembaca mengenai kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut. Karya yang dimaksud dapat berupa berikut buku kumpulan cerpen, pementasan teater, serta film dan lagu.

Baca Juga:  Apa yang mereka temukan bagaimana cara kerja penemuan tersebut

 

Struktur teks ulasan terdiri dari

  1. Identitas karya

Pada struktur teks ulasan wajib dicantumkan identitas karya. Identitas karya biasanya berisi: judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

 

  1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian pertama atau utama yang ada di dalam teks ulasan. Orientasi menerangkan gambaran umum terhadap suatu karya film, buku, lagu, hingga karya sastra, dan karya seni lainnya yang kemudian akan diulas. Pada bagian orientasi ini, penulis akan memberikan penjelasan selengkap-lengkapnya terhadap pembaca terkait apa yang nantinya akan dibahas di dalam sebuah teks ulasan.

Baca Juga:  Suatu modal ditabung dengan bunga majemuk 30% per tahun, pada akhir tahun ke-3 modal tersebut menjadi Rp. 2.197.000,00 . modal awal tersebut adalah

 

  1. Sinopsis

Teks ulasan juga harus tercantum sinopsis karya. Sinopsis karya yang dicantumkan pada teks ulasan ini berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya.

 

  1. Analisis

Analisis merupakan penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas. Biasanya, tafsiran ini membahas mulai dari bagian-bagian dalam suatu karya, keunikan karya, keunggulan karya, kualitas karya, dan lain sebagainya.

 

  1. Evaluasi

Bagian selanjutnya dari teks ulasan adalah evaluasi. Penulis akan menulis resensi berupa opini penulis terhadap karya yang diresensi. Evaluasi ini biasanya ditulis setelah penulis menyelesaikan interpretasinya terhadap karya sastra yang ditinjau. Pada bagian evaluasi ini akan disebutkan berbagai bagian yang memiliki kekuatan karya, serta kelemahan yang terdapat pada karya tersebut

Baca Juga:  Sebutkan 5 Pilar Poros Maritim Dunia

 

  1. Kesimpulan

Bagian terakhir adalah ringkasan. Abstrak adalah bagian dari teks resensi yang berisi temuan-temuan resensi terhadap karya yang diresensi. Pada bagian ringkasan, penulis akan menuliskan reviewnya terhadap karya yang telah direview, apakah karya tersebut berkualitas baik atau tidak