Apakah peran herbert spencer dalam perkembangan sosiologi

Apakah peran herbert spencer dalam perkembangan sosiologi

Apakah peran herbert spencer dalam perkembangan sosiologi

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

DAFTAR ISI

Jawaban

Peran Herbert Spencer dalam perkembangan ilmu sosiologi adalah dengan membuat teori tentang Evolusi Sosial yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.

 

Pembahasan

Herbert Spencer dikenal sebagai seorang filsuf yang berada di Inggris, ia merupakan seorang pemikir teori dari teori liberal klasik yang terkemuka. Ia lahir di Derby, 27 April 1820 dan meninggal di Brighton, Desember 1903 pada saat ia berumur 83 tahun.

Baca Juga:  Tentukan jumlah elektron, proton, dan neutron di dalam atom atom berikut ini

 

Herbert Spencer umumnya lebih dikenal sebagai penulis politik namun ia lebih dikenal masyarakat sebagai bapak Darwanisme Sosial. Herbert Spencer juga sering menganalisis masyarakat sebagai sebuah sistem evolusi, ia menjelaskan dalam ilmu sosial tentang defisini “hukum rimba”.

 

Saat ini, Herbert Spencer dikritik sebagai sebuah contoh sempurna bagi paham ilmiah atau scientism, maka dari itu banyak orang yang kagum terhadapnya pada saat ia masih hidup.

Baca Juga:  Alat penyajian tradisional yang umum digunakan adalah

 

Pada tahun 1879, Herbert Spencer mengetengahkan sebuah teori mengenai Evolusi Sosial yang hingga saat ini masih dianut oleh masyarakat walaupun terdapat beberapa perubahan. Ia pun juga memiliki kesamaan fungsi dengan teori evolusi milik Charles Darwin dengan masyarakat.

 

Herbert Spencer juga memperkenalkan tentang pendekatan analogi organik, serta memberi pemahaman kepada masyarakat misalnya tubuh seorang manusia, tercipta sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari bagian yang bergantung dengan bagian lainnya.

Baca Juga:  Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh