Aplikasi Merdeka Mengajar: Cara Download dan Mengakases Merdeka Mengajar

Aplikasi Merdeka Mengajar: Cara Download dan Mengakases Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar didedikasikan untuk memudahkan guru mengajar sesuai dengan kemampuan siswanya, memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya, dan menginspirasi teman sebayanya. Berbagai paket pertanyaan yang dapat dibagikan secara online atau offline. Hal ini ditandai dengan pemeriksaan otomatis dan analisis rinci dari hasil. Materi edukasi yang inspiratif, terdiri dari materi, buku teks, video edukasi, modul proyek dan materi lainnya yang dikuratori oleh tim ahli Kemendikbudristek.

 

Platform Merdeka Mengajar telah resmi diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi dalam Merdeka Belajar Episode 15. Melalui platform ini, guru dapat mengakses referensi ke berbagai perangkat pendidikan, melakukan pelatihan mandiri, berbagi praktik yang baik, dan terus meningkatkan kemampuannya.

 

DAFTAR ISI

Apa saja manfaatnya?

Tren Perubahan Kurikulum yang termasuk dalam Merdeka Learning Episode 15 adalah Kurikulum Merdeka dan Platform Belajar Merdeka. Ini adalah struktur kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel dan fokus pada sumber daya kritis.

 

Ini juga memberi guru fleksibilitas untuk menggunakan berbagai alat pengajaran tergantung pada kebutuhan dan karakteristik siswa mereka.

 

Nadim Makarem, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Penelitian mengatakan platform Merdeca Mengajar akan menjadi sahabat para guru di bidang pendidikan. Nadim mengatakan platform tersebut juga akan membantu guru berinovasi dalam menciptakan pembelajaran dalam menjawab tantangan zaman.

 

Platform Merdeka Mengajar bukan hanya sekedar materi dan konten pendidikan untuk kementerian, melainkan platform untuk guru yang berkembang menjadi platform yang dimiliki oleh guru, dari guru ke guru.

Trending:  Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong kebangkitan nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa

 

Selain itu, Merdeka Teaching mendorong para guru untuk berkreasi dan berbagi metode pembelajaran. Merdeka Mengajar diharapkan dapat membantu para guru mengembangkan praktik mengajarnya.

 

Platform ini memiliki tiga fitur. Artinya, untuk membantu guru mengajar, belajar dan berkreasi.

 

Ini juga mencakup perangkat penilaian untuk mengukur hasil belajar siswa. Data ini dapat digunakan untuk menganalisis kemampuan siswa di setiap kelas.

 

Cara Download Aplikasi Merdeka Mengajar

Aplikasi Pendidikan Mandiri dapat diunduh dari Google Playstore dan diinstal di smartphone Android Anda. Cara download dan cara install standalone learning platform dengan akun Belajar.id.

 

  1. Buka aplikasi Play Store dan isi bagian pencarian. Dengan merdeka mengajar atau klik disini
  2. Klik “pencarian” lalu klik “Install” dan tunggu persentasenya mencapai 100%.
  3. Buka dan masuk dengan akun Belajar.id Anda untuk mengakses aplikasi pembelajaran mandiri.
Trending:  Cara Stem Gitar Online Tanpa Aplikasi

 

Cara Mengakses Aplikasi Merdeka Mengajar

Sedangkan untuk aplikasi Merdeka Mengajar sendiri terdapat banyak fitur yang mendukung aplikasi pembelajaran guru dan dapat diakses dengan cara sebagai berikut:

 

  1. Login

Setelah berhasil mendownload aplikasi Merdeka Mengajar, hal pertama yang harus dilakukan guru adalah login dengan akun belajarnya.

 

Oleh karena itu, guru login dengan akun pendidikan yang sudah diketahui guru dan terkait dengan SIMPKB.

 

Untuk masuk dengan akun belajar.id Anda, klik bagian Pengaturan dan klik Enter. Anda kemudian akan dapat mengakses referensi yang berbeda untuk membantu guru.

 

Anda harus login ke akun Belajar.id Anda untuk mengakses platform Belajar Mandiri. Metodenya adalah sebagai berikut.

Trending:  Download Higgs Domino RP Apk X8 Speeder Tanpa Iklan Download Versi Terbaru

 

  1. Klik tambahkan akun lain dan masuk ke belajar.id
  2. Selanjutnya, masukkan kata sandi untuk akun belajar.id Anda.
  3. Selanjutnya, layar selamat datang ditampilkan. Artinya kamu sudah berhasil login ke aplikasi Merdeka Mengajar menggunakan akun belajar.id kamu.
  4. Kemudian klik Saya Setuju.

 

  1. Fitur

Setelah berhasil masuk ke aplikasi Merdeka Mengajar, Anda akan melihat banyak menu antara lain video inspirasi, pelatihan mandiri, bukti karya, asesmen murid, dan perangkat ajar.

 

  1. Melihat Video

Selain itu, setelah memperkenalkan fitur-fitur ke dalam aplikasi Merdeka Mengajar, hal pertama yang dilakukan guru adalah menonton video implementasi kurikulum.

 

Jadi, guru perlu menonton video inspirasional dengan fitur aplikasi.

 

Ada banyak video menarik yang harus ditonton guru untuk memahami kurikulum mandiri.

Trending:  Produk glikolisis yang diolah sebagai bahan proses anabolisme karbohidrat adalah

 

Ini juga sesuatu yang harus dilakukan oleh guru dan administrator sekolah yang memilih untuk belajar secara mandiri.

 

Juga dikenal sebagai pembelajaran mandiri, guru pertama-tama mempelajari sifat kurikulum mandiri dan membuatnya dapat diterapkan saat mengajar.

 

  1. Pelatihan mandiri

Guru kemudian diminta untuk mengikuti pelatihan mandiri di halaman awal aplikasi fitur Merdeka Mengajar.

 

Nantinya, guru akan dituntut untuk mempelajari perangkat dan penilaian kurikulum mandiri.

 

Selain itu, guru dituntut untuk mempelajari serangkaian pertanyaan terkait penerapan kurikulum mandiri, serta perangkat pendidikan yang tersedia bagi guru.

 

  1. Bukti Karya

Selain itu, ada contoh kehidupan nyata yang dapat diikuti oleh guru untuk membuktikan pekerjaan mereka.

 

Nantinya, guru akan diberikan contoh video kerja yang dibuat oleh guru.