Apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah

Apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah

Soal

Apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah

 

Jawaban

Magnet adalah sejenis batuan yang dapat menarik benda logam seperti besi. Di bagian dalam magnet terdiri dari atom – atom magnetik yang disebut dengan magnet elementer. Susunan magnet elementer pada magnet teratur dan memiliki arah yang sama. Hal inilah yang menyebabkan magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Baca Juga:  Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut

 

Apabila posisi magnet elementer ini diganggu, misalnya magnet dibakar atau dipukul – pukul, susunan magnet elementer bisa berubah menjadi tidak teratur, akibatnya magnet akan kehilangan sifat kemagnetannya.

 

Apabila magnet dipotong, susunan magnet elementer tidak akan berubah. Maka setiap potongannya, akan memiliki sifat kemagnetannya. Jadi, bila dipotong, setiap potongan akan memiliki kutub utara dan kutub selatan. Berapa kali dipotong, setiap potongan akan tetap menjadi magnet.

Baca Juga:  Motif parang merupakan bagian dari batik

 

Diketahui:

Sebuah magnet dipotong tiga bagian.

 

Ditanya:

Potongan yang tengah ?

 

Jawab:

Bila magnet dipotong, maka akan akan mempunyai dua kutub. Setiap potongan akan menjadi magnet dengan dua buah kutub.

 

Jika magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah adalah sepotong magnet dengan kutub utara dan kutub selatan.

Baca Juga:  Langkah pertama dalam melakukan tolakan pada lompat kangkang adalah