Tuliskan letak astronomis Indonesia

Tuliskan letak astronomis Indonesia

Tuliskan letak astronomis Indonesia

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

 

DAFTAR ISI

Jawaban

Letak astronomis Indonesia berada di antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT.

Wilayah Indonesia yang berada paling utara adalah Pulau Weh yang terletak pada 6° Lintang Utara. Sementara wilayah Indonesia paling selatan yakni Pulau Roti terletak pada 11° Lintang Selatan.

 

Sementara wilayah Indonesia paling barat yakni ujung Pulau Sumatera terletak pada 95° Bujur Timur dan wilayah paling timur yakni Merauke ada pada 141° Bujur Timur.

Baca Juga:  Analisislah tentang perspektif interaksionisme dalam sosiologi

 

Letak geografis Indonesia diapit 2 benua yakni Australia dan Asia, serta diapit 2 samudera yakni Hindia dan Pasifik.

 

Pembahasan

Letak astronomis adalah letak suatu tempat dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Garis lintang ini merupakan garis imajiner yang membentang horisontal melingkari bumi, sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal.

 

Garis Lintang dan Bujur dibagi menjadi 2 yakni Garis Lintang Utara dan Garis Lintang Selatan yang dibatasi oleh garis ekuator atau khatulistiwa dan Garis Bujur Barat dan dan Bujur Timur yang dibatasi oleh Greenwich Mean Time.

Baca Juga:  Sehat secara fisiologis berarti

 

Jika dilihat dari posisi astronomis, Indonesia terletak di kawasan iklim tropis serta berada di belahan timur bumi. Karena Indonesia berada di kawasan tropis, hal ini membuat Indonesia selalu disinari matahari sepanjang tahun. Di Indonesia sendiri hanya terjadi 2 kali pergantian musim dalam setahun yakni musim kemarau dan hujan. Negara-negara yang mempunyai iklim tropis pada umumnya dilimpahi alam yang luar biasa. Curah hujan yang tinggi akan membuat tanah menjadi subur. Flora serta faunanya juga sangat beraneka ragam.

Baca Juga:  Tentukan ph larutan asam sulfat dengan konsentrasi 0 02m

 

Sedangkan pengaruh dari letaknya yang dilihat dari garis bujur 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur), maka Indonesia mempunyai perbedaan waktu yang dibagi menjadi 3 daerah waktu yakni Indonesia bagian timur atau biasa disingkat dengan WIT, Indonesia bagian tengah atau biasa disingkat dengan WITA, dan Indonesia bagian barat yang biasa disingkat dengan WIB.