Yang merupakan jaring-jaring balok adalah

Yang merupakan jaring-jaring balok adalah

Yang merupakan jaring-jaring balok adalah

LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Penyeleseian

Yang merupakan jaring – jaring balok adalah B (i) dan (iii)

 

Pembahasan

Jaring-jaring adalah bagian dari pelajaran bangun ruang yang mesti dipahami ketika mempelajari matematika. Dalam materi ini, para murid diminta untuk mengamati suatu gabungan bangun datar serta bangun tiga dimensi yang mungkin terbentuk.

 

Jaring-jaring Balok Setiap bangun ruang tercipta dari gabungan bangun datar, tak terkecuali balok. Jaring-jaring balok merupakan sisi-sisi balok yang direntangkan dengan mengikuti rusuk-rusuknya.

Trending:  Sebutkan tiga gerakan senam ketangkasan yang menggunakan keseimbangan tubuh

 

Suatu gabungan sisi tersebut dapat diketahui merupakan jaring-jaring balok hanya jika bentuk jaring-jaring tersebut dilipat hingga membentuk suatu bangun ruang. Bangun ruang balok memiliki banyak variasi jaring-jaring. Tapi, sebelumnya membuat jaring-jaring balok, penting untuk memahami apa saja ciri-ciri balok terlebih dahulu.

 

Ciri-ciri Balok

Adapun ciri-ciri balok, yaitu memiliki 12 rusuk, enam buah sisi, delapan titik sudut, 12 diagonal dan empat diagonal dalam bentuk bangun ruang, dan memiliki sudut bangun ruang berbentuk siku-siku

Adapun ciri-ciri balok, yaitu memiliki 12 rusuk, enam buah sisi, delapan titik sudut, 12 diagonal dan empat diagonal dalam bentuk bangun ruang, dan memiliki sudut bangun ruang berbentuk siku-siku. Berikut penjabarannya:

  • Memiliki enam bidang sisi berbentuk persegi panjang Balok mempunyai enam bidang sisi yaitu ABCD, EFGH, BCGF, ADHE, DCGH. Keenam sisi balok ini berbentuk persegi panjang.
  • Balok punya 12 rusuk yang sejajar dan ukuran sama panjang Balok memiliki 12 rusuk yaitu AB, BC, CD, EF, FG, GH, HE, AE, DH, FB, CG. Berikut penjelasan tentang empat rusuk di setiap balok: Empat rusuk yang sama panjang dan sejajar disebut panjang balok (p) yaitu AB, CD, EF, dan GH. Empat rusuk yang sama panjang dan sejajar disebut lebar balok (l) yaitu BC, AD, FG, dan EH. Empat rusuk panjang dan sejajar dinamakan tinggi balok (t) yaitu AE, BF, CG, dan DH.
  • Setiap diagonal bidang pada sisi yang berhadapan punya ukuran yang sama panjang Setiap bidang sisi balok punya 2 diagonal sisi. Ada 12 diagonal sisi yaitu BE, AF, CH, DG, CF, BG, AH, DE, AC, BD, EG, FH.
  • Punya delapan titik sudut
  • Seluruh sudut pada balok adalah siku-siku
  • Punya empat diagonal ruang dan 12 diagonal bidang Setiap balok memiliki empat diagonal ruang yaitu BH, AG, CE, dan DF. Panjang diagonal ruang ABCD.EFGH jika bidang segitiga BDH dilepas maka gambarnya akan membentuk segitiga.Setiap segitiga BDH adalah segitiga siku-siku.
  • Tiap diagonal ruang pada balok punya ukuran ruang yang sama panjang.
  • Setiap bidang diagonal pada balok memiliki bentuk persegi panjang
Trending:  Permukaan sebuah meja berbentuk lingkaran dengan panjang diameter 70cm. Berapa keliling dan luas permukaan mej tersebut?