Jelaskan hal hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya wawancara

Jelaskan hal hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya wawancara

Jelaskan hal hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya wawancara

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Hal hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya wawancara

  • Penggunaan bahasa dalam wawancara. Dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun tentu proses wawancara akan lebih menyenangkan. Selain itu, bahasa yang digunakan juga tidak boleh ambigu agar hasil wawancara sesuai dengan yang diharapkan.
  • Materi wawancara harus dipersiapkan dengan matang, seperti pertanyaan yang akan disampaikan. Sebelum wawancara kita harus mendaftar hal-hal yang akan diajukan pada narasumber dan mengevaluasi apakah pertanyaan tersebut perlu diajukan.
  • Ketika diwawancarai narasumber, kita harus bersikap sopan dan menimbulkan rasa nyaman.
  • Jawaban-jawaban dari narasumber harus ditanggapi dengan interaktif agar kegiatan wawancara berjalan hangat dan tidak canggung.
  • Pertanyaan demi pertanyaan harus disampaikan dengan runtut dan beraturan. Pertanyaan dengan topik yang loncat-loncat akan membingungkan narasumber.
Baca Juga:  Gerakan lengan yang benar pada teknik dasar tenis servis atas saat memukul bola adalah

 

Pembahasan

Wawancara adalah sebuah kegiatan tanya jawab yang dilakukan antar pewawancara dengan narasumber. Tujuan dilakukannya wawancara adalah untuk mendapatkan informasi yang terpercaya dari sumber pertama suatu permasalahan atau topik. Oleh karena itu, sangat umum kita temukan kegiatan wawancara dilakukan wartawan atau pers untuk melengkapi informasi dalam berita yang valid.

Baca Juga:  Bahasa sandi yang dipakai dan digemari oleh kalangan remaja tertentu adalah pengertian dari Bahasa

 

Jika kita telah memastikan lima hal di atas telah dipenuhi dalam pelaksanaan wawancara, kemungkinan besar wawancara tersebut akan berjalan dengan hangat dan mengalir.