Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah abbasiyah

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah abbasiyah

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Daulah Bani Abbasiyah berdiri pada tahun 750M yang didirikan oleh Abdullah bin Abbas As-Saffah yang berpusat di baghdad. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah bani Abbasiyah.

 

Faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah bani Abbasiyah

  1. Terjadinya persaingan dalam merebutkan kursi kekhalifahan.

Ketidakjelasan dalam penhangakatn khalifah, baik itu itu secara garis keturunan, senioritas mapun musyawarah mufakat.

Baca Juga:  Berbagai upaya yang dilakukan untuk deteksi dini adanya penyakit atau gangguan kesehatan agar dapat dilakukan sedini mungkin merupakan pencegahan

 

  1. Adanya konflik politik di masa pemerintahan sebelumnya.

Terdapat pembela fanatik antar golongan baik dari Syi’ah maupun Khawarij dalam melakukan gerakan oposisi secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, sehingga sangat menyita perhatian pemerintahan.

 

  1. Pertentangan etnis

Pada masa kekuasaan Daulah Umayyah, pertentangan etnis antara suku Arabia Utara (Bani Qays) dan Arabia Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam, semakin meruncing. Perselisihan ini mengakibatkan para penguasa Daulah Umayyah mendapat kesulitan untuk menggalang persatuan dan kesatuan.

Baca Juga:  Agar lebih cepat menjangkau korban di dalam air sebaiknya penolong berenang menggunakan gaya

 

  1. Terbiasa hidup mewah, dan kurangnya perhatian dalam persoalan Agama.

Karena sudah terbiasa dengan didikan dan.karakter tersebut, maka ketika keturunan mereka diberikan amanah ntuk meneruskan.pemerintahan dan kenegaraan, mereka tidak bisa melakukannya, karena mereka tidak dibekali dengan ilmu dan cara untuk menyelesaikannya.

 

  1. Munculnya kekuatan baru dan hilangnya kecintaan rakyat.

Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan Daulah Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abbas bin Abd al-Muthalib. Selain itu, hilangnya kecintaan rakyat pada akhir pemerintahan Daulah Umayyah. Salah satu alasannya karena kesombongan para pembesar Daulah Umayyah di akhir pemerintahannya.

Baca Juga:  Berapakah tekanan yang dialami seorang perenang pada kedalaman 20m? (rho air : 1000 kg/m³)