Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah abbasiyah

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah abbasiyah

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Daulah Bani Abbasiyah berdiri pada tahun 750M yang didirikan oleh Abdullah bin Abbas As-Saffah yang berpusat di baghdad. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah bani Abbasiyah.

 

Faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah bani Abbasiyah

  1. Terjadinya persaingan dalam merebutkan kursi kekhalifahan.

Ketidakjelasan dalam penhangakatn khalifah, baik itu itu secara garis keturunan, senioritas mapun musyawarah mufakat.

Baca Juga:  Suatu proyek dapat diselesaikan selama 30 hari oleh 15 orang. Setelah bekerja 6 hari proyek tersebut terhenti selama 4 hari. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama agar pekerjaan selesai tepat waktu, jumlah pekerja tambahan yang dibutuhkan adalah

 

  1. Adanya konflik politik di masa pemerintahan sebelumnya.

Terdapat pembela fanatik antar golongan baik dari Syi’ah maupun Khawarij dalam melakukan gerakan oposisi secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, sehingga sangat menyita perhatian pemerintahan.

 

  1. Pertentangan etnis

Pada masa kekuasaan Daulah Umayyah, pertentangan etnis antara suku Arabia Utara (Bani Qays) dan Arabia Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam, semakin meruncing. Perselisihan ini mengakibatkan para penguasa Daulah Umayyah mendapat kesulitan untuk menggalang persatuan dan kesatuan.

Baca Juga:  Bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum Al Quran

 

  1. Terbiasa hidup mewah, dan kurangnya perhatian dalam persoalan Agama.

Karena sudah terbiasa dengan didikan dan.karakter tersebut, maka ketika keturunan mereka diberikan amanah ntuk meneruskan.pemerintahan dan kenegaraan, mereka tidak bisa melakukannya, karena mereka tidak dibekali dengan ilmu dan cara untuk menyelesaikannya.

 

  1. Munculnya kekuatan baru dan hilangnya kecintaan rakyat.

Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan Daulah Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abbas bin Abd al-Muthalib. Selain itu, hilangnya kecintaan rakyat pada akhir pemerintahan Daulah Umayyah. Salah satu alasannya karena kesombongan para pembesar Daulah Umayyah di akhir pemerintahannya.

Baca Juga:  Bagaimana cara kamu mensyukuri proses pertumbuhan ini