sebutkan 4 bahan lunak alami

Sebutkan 4 bahan lunak alami

Sebutkan 4 bahan lunak alami

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Bahan lunak alam merupakan bahan kerajinan tangan yang diperoleh dari hasil alam. Contoh bahan lunak alam yaitu Tanah Liat, Serat Alam, Kulit Hewan, Wol.

 

Pembahasan

Kerajinan bahan lunak adalah produk kerajinan berbahan dasar yang bersifat lunak yaitu lentur, lembut, empuk, dan mudah dibentuk.

Baca Juga:  Dalam susunan makanan yang sehat, terdapat tiga unsur, yaitu

 

Jenis Kerajinan Bahan Lunak:

Dilansir buku Prakarya kelas VIII semester 1 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018 edisi revisi 2017, beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan terbagi menjadi dua jenis:

  1. Bahan Lunak Alam

Bahan lunak alam adalah bahan lunak untuk karya kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar. Cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan.

Baca Juga:  Sebuah Kardus Berbentuk Balok Dengan Ukuran Panjang 32 cm, Lebar 25 cm, Dan Tinggi 20 cm, Hitunglah Volume Kardus Tersebut!

 

Contoh bahan lunak alam adalah tanah liat, kulit, getah nyatu, bubur tisu, dan flour clay.

 

  1. Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah dan dicampur dengan zat kimia tertentu sehingga menjadi lunak, lembut, empuk, dan mudah dibentuk. Beragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan.

Baca Juga:  Ketika melakukan guling lenting, arah gerakan lecutan kedua kaki yang benar yaitu ke depan

 

Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa polymer clay, gips, fiberglass, lilin, sabun, dan parafin. Keragaman bahan lunak tentunya memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lainnya.