Alat yang digunakan dalam senam irama yang terbuat dari rotan adalah

Alat yang digunakan dalam senam irama yang terbuat dari rotan adalah

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Alat yang digunakan dalam senam irama yang terbuat dari rotan adalah simpai atau hoop

 

Penjelasan

Peralatan yang Digunakan dalam Senam Irama

Pada aktivitas senam irama, ada gerakan senam irama tanpa alat dan ada pula gerakan senam irama menggunakan alat. Alat yang digunakan dalam senam irama adalah tali, simpai (hoop), bola, dan pita. Berikut penjelasannya.

  1. Tali

Penggunaan tali pada senam ritmik hampir sama dengan menggunakan pita yaitu bisa digunakan dengan berbagai gaya dan gerakan.

Baca Juga:  Sebutkan dua contoh senyawa dalam kehidupan sehari-hari

 

  1. Simpai atau hoop

Simpai (hoop) atau biasa disebut hulahup adalah alat dengan betuk lingkaran yang dapat dipakai untuk bermain hingga olahraga.

 

Dalam senam irama, simpai digunakan dengan cara dilempar dan ditangkap dengan berbagai cara atau bisa juga dengan diputar di berbagai bagian tubuh. Baca juga: 3 Pelopor Aliran Senam Irama

Baca Juga:  Sebuah transformator memiliki jumlah lilitan primer dua kali lebih banyak daripada lilitan sekunder, digunakan untuk mengubah 220 volt ac menjadi 110 volt ac. jika arus dalam kumparan sekunder adalah 4 a, maka arus primer adalah

 

  1. Bola

Bola yang digunakan oleh atlet seorang diri atau individu maka hanya satu bola yang digunakan dalam pentasnya. Kendati demikian, di dalam pentas atlet hanya boleh memakai satu bola yang digunakan oleh setiap orang.

 

Gerakan dasar senam irama menggunakan alat bola meliputi melempar, memantulkan, dan menggelindingkan bola. Adapun alat bola yang digunakan dalam senam ritmik terbuat dari karet atau bahan sintetis.

Baca Juga:  Latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah

 

  1. Pita

Dalam senam irama masing-masing dari atlet diperbolehkan untuk menggunakan alat yaitu pita yang dimainkan oleh berbagai jenis gerakan, gaya dan cara.

 

Contohnya putaran kecil berpola, putaran besar, dililit ke tubuh lalu dilepaskan lagi, dan lain-lain. Pita yang digunakan dalam senam irama terbuat dari satin atau bahan kain serupa.

 

Pita tersebut dipasang di sebuah tongkat yang digunakan oleh pesenam dalam menampilkan gerakan-gerakan artistik.